Share

PHK Ancam Sektor Industri, Begini Tanggapan Menko Darmin

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 320 1731323 phk-ancam-sektor-industri-begini-tanggapan-menko-darmin-ERiWEq6dP0.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sektor industri hingga saat ini masih masih menghantui Indonesia. Salah satunya adalah pada sektor industri tekstil hingga industri retail.

Pada industri tekstil, pengusaha pada daerah Semarang telah memangkas jam kerja karyawan. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan permintaan.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, bahwa pemerintah perlu terlebih dahulu memperoleh data detail terkait hal ini. Sebab, tanpa data sulit bagi pemerintah untuk melakukan tindakan lanjutan.

"Ada berapa, ngomong yang begitu-begitu itu susah untuk dicernakan. Karena katanya begini, katanya begitu, pakai data dong," kata Darmin di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Ancaman PHK juga terdapat pada sektor industri retail. Hal ini pun telah terjadi pada gerai retail modern 7-Eleven. Menurut Darmin, hal ini bisa saja terjadi karena ketatnya persaingan.

"Bisa saja, karena Indomaret, Alfamart itu perkembangannya bukan main. Jadi ya jangan melihat itu sebagai gejala ekonomi keseluruhan. Bisa saja itu gejala persaingan," kata Darmin.

Menurut Darmin, ancaman PHK ini pada dasarnya juga diikuti oleh penambahan kesempatan kerja. Hanya saja, penambahan kesempatan kerja ini tidak selalu tersedia ketika PHK terjadi.

"Artinya tidak mesti match (ketersediaan lapangan kerja dan PHK) pada waktu yang sama. Itu enggak bisa dijawab begitu saja. Harus dilihat betul, ada berapa sih persisnya," jelasnya.

Pemerintah pun perlu melihat data PHK dan ancaman PHK secara lebih menyeluruh. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan sasaran kebijakan agar tak lagi terjadi PHK.

"Harus dilihat dulu," tutup Darmin.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini