Image

TERNYATA Menko Darmin Diam-Diam Pantau Program Bagi-Bagi Lahan

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017, 14:29 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 14 470 1736306 ternyata menko darmin diam diam pantau program bagi bagi lahan 9W9P4FNcEZ jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BOGOR - Masyarakat kecil, pesantren, hingga lembaga lainnya akan menerima hak guna lahan dari pemerintah. Pada program ini, pemerintah akan memanfaatkan lahan milik negara untuk dapat digunakan secara produktif bagi masyarakat.

"Jadi misalnya ini lahan Perhutani, punya negara. Tapi lahan ini dibolehkan secara legal, ada perjanjiannya penugasannya dikelola oleh rakyat secara cluster misalnya selama 30 tahun," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution saat ditemui awak media di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2017).

Pada program ini, pemerintah nantinya akan melakukan review setiap 5 tahun pada penerima lahan. Jika tidak digunakan secara maksimal, maka pengguna lahan nantinya akan diganti oleh pemerintah.

"Setiap 5 tahun nanti direview apakah berjalan baik atau enggak. Kalau berjalan baik bisa terus. Kalau enggak berjalan baik kita ganti orangnya," ujarnya.

Pada program ini, pemerintah nantinya juga akan menyiapkan pendampingan bagi penerima lahan. Tak hanya itu, off taker atau pembeli hasil garapan lahan ini juga akan disiapkan oleh pemerintah.

"Cluster itu bisa holtikultura, bisa cabe, melon bisa jagung dan sebagainya. Tapi kita juga akan sediakan pendamping dan sebagainya dan kemudian akan ada off taker dari produksinya. Karena kalau luas lahannya 1.000 hektare kalau tidak ada off takernya bank enggak akan mau kasih pinjam uang. Dia akan bilang, nanti lakunya kapan," ujarnya.

Program ini nantinya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, terdapat sekira 6 lokasi yang terbesar di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat yang akan menjadi opsi lokasi peresmian oleh Jokowi.

"Siap. Belum semuanya dari enam lokasi itu. Tapi sudah ada yang siap. Tinggal nanti Presiden bilang saya mau duluan yang ini, nanti yang ini lagi," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini