Image

Neraca Dagang Semester I Surplus, Sri Mulyani: Sudah Lebih Baik

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 17:35 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 18 320 1739217 neraca dagang semester i surplus sri mulyani sudah lebih baik Dpusc58JBu jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis neraca perdagangan Indonesia kembali mengalami surplus selama semester I-2017 (Januari-Juni). Berdasarkan data BPS, nilai ekspor dan impor pada pertengahan tahun 2017 mengalami surplus sebesar USD7,63 miliar.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ekspor dan impor di semester I tahun ini sudah lebih baik dibandingkan tahun 2016 lalu.

"Untuk ekspor impor semester I, dibandingkan tahun lalu ekspornya naik 14%, impor naik 9%," ungkap Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Sehingga ia menilai, jangan hanya melihat penurunan ekspor secara drastis secara month to month tapi harus dengan periode yang sama yakni per semester yang sama dan tahun berbeda.

"Jadi kita enggak bereaksi terhadap satu tahun. Kalau lihat dari komposisi, kita lihat momentum pertumbuhan ekonominya masih positif di semester ini dan kita akan jaga di semester II," jelasnya.

Menkeu menjelaskan, dilihat dari bulan sebelumnya penurunan ekspor dan impor memang menurun dikarenakan masa libur Lebaran yang cukup panjang. Sehingga kegiatan industri impor dan ekspor ikut terhenti sementara waktu.

"Ini penyebabnya karena masalah Lebaran yang cukup panjang. Sehingga kalau kita lihat di Juli ini, yang nanti akan terlihat di Agustus atau semester II ini, momentum pertumbuhannya cukup positif," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini