Terlalu Murah! Anggaran Kajian Awal Ibu Kota Cuma Rp7 Miliar

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 20 470 1740863 terlalu-murah-anggaran-kajian-awal-ibu-kota-cuma-rp7-miliar-lkWiYXh4He.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian PPN/ Bappenas telah menunjukan keseriusannya untuk memindahkan ibu kota keluar pulau Jawa. Pasalnya, Bappenas telah mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp7 miliar untuk kajian awal pemindahan ibu kota tersebut.

Anggota DPR Komisi XI Hendrawan Supratikno yang ditemui di sela-sela jeda sidang Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta mengatakan pemindahan ibu kota harus direncanakan secara matang kerena ini konteksnya bukan hanya memindahkan kantor tetapi juga strukturnya.

"Itu kan bukan hanya memindah gedung, tapi memindah kultur, jaringan. Ini kan baru studi. Kalo studi kan kita paling pintar," ungkapnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

 Baca juga: Ibu Kota Pindah, Properti Jakarta Turun Harga? Jangan Harap!

Sementara untuk tambahan anggaran untuk kajian awal sebesar Rp7 miliar tersebut ia mengatakan hal tersebut tidak menjadi masalah. Bahkan bisa dibilang masih terlalu murah untuk melakukan sebuah kajian terutama ini adalah kajian pemindahan ibu kota.

"Terlalu murah dong, dapet apa itu. Rumah di Sunter aja sudah Rp8 miliar. Itu kajian elementer. Kalau kajian yang bener buat tata ruang bagus, melihat tanah, dan lain-lain, itu hanya data sekunder kali yah. Ini mungkin kompilasi. Kalau studi beneran itu murah. Tanah di sana gambut, bangunan tahan berapa lama," jelasnya.

Menurutnya, tambahan anggaran twrsebut akan kembali di bahas di sidang Badan Anggaran apakah akan disetujui masuk Rencama Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) atau menggunakan dana Kementerian sendiri.

"Kalau Rp7 miliar mah kecil, dana operasional Menteri mah cukup. Bisa lah itu uang recek. Kajian jangan cuma powerpoin tapi harus menyeluruh," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini