Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi: Manfaatkan Momentum Kepercayaan Publik

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 04 320 1749746 jaga-pertumbuhan-ekonomi-jokowi-manfaatkan-momentum-kepercayaan-publik-JrImRGtDIN.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

KUTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasikan organisasi yang berkomitmen untuk terus mengawal program-program pembangunan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Kita harapkan ke depan dukungan-dukungan terhadap program-program pemerintah yang kita laksanakan semoga semua bisa berjalan dengan baik," kata Jokowi, mengutip keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (4/8/2017).

Saat memberikan sambutan, Kepala Negara menjelaskan pencapaian program-program pemerintah selama ini. Kepercayaan masyarakat yang diperoleh pemerintah merupakan salah satu di antaranya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah upaya dilakukan pemerintah guna menjaga perekonomian negara. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pun dapat terjaga.

Selain itu, masyarakat juga memberikan kepercayaan kepada pemerintah yang diketahui melalui survei yang dirilis oleh Gallup World Poll baru-baru ini.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia pada 2016 adalah sebesar 80%, meningkat dibandingkan pada 2007 yang hanya mencapai 52%. Momentum inilah yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Kepercayaan dan momentum-momentum seperti ini harus kita gunakan. Jangan sampai di dalam negeri sendiri justru ada pesimisme. Padahal masyarakat luar memandang kita dan iri terhadap pertumbuhan dan kepercayaan yang begitu sangat baik diberikan oleh masyarakat," kata Presiden.

Seperti diketahui, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government berdasarkan survei dari Gallup data. Data tersebut dikeluarkan oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) dalam publikasinya, Government at a Glance 2017 yang dipublikasikan pada 13 Juli 2017.

Data Gallup berasal dari Jajak Pendapat Dunia Gallup (Gallup World Poll/GWP) yang merupakan survei yang digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan terhadap pemerintah. Survei tersebut merupakan satu-satunya yang mengumpulkan data mengenai tingkat kepercayaan kepada pemerintah di negara OECD dan negara-negara besar lainnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini