Ketersediaan Lapangan Kerja Membaik, Perabotan Jadi Laris Manis

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 320 2323664 ketersediaan-lapangan-kerja-membaik-perabotan-jadi-laris-manis-H44ml36Rtw.jpg Dapur (Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat persepsi konsumen terhadap lapangan kerja meningkat. Pasalnya, juga berpengaruh kepada konsumsi masyarakat.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako merinci ketersediaan lapangan pekerjaan terpantau membaik pada November 2020. Hal ini berdasarkan survei responden dengan tingkat pendidikan pasca sarjana.

 Baca juga: Kepercayaan Konsumen Membaik tapi Masih di Level Pesimis

"Dari sisi usia, kenaikan indeks terjadi pada seluruh kelompok usia terutama pada berusia diatas 60 tahun," ujar Onny di Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Kata dia, seiring dengan membaiknya keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada November 2020 ini juga terlihat pada konsumen yang melakukan pembelian barang tahan lama juga membaik.

 Baca juga: Walau Optimis, Konsumen Indonesia Fokus Kebijakan Penanganan Covid-19

"Terutama barang elektornik dan perabot rumah tangga," katanya.

Adapun, kenaikan indeks ini terjadi pada responden dengan pengeluaran diatas 2 juta. Lalu ditinjau menurut kategori usia, keyakinan membeli barnag tahan lama pada usia dibawah 60 tahun.

"Kondisi ini bakal meningkat pada 6 bulan ke depan," katanya.

Sebagai inforamsi, survei Konsumen Bank Indonesia November 2020 mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2020 sebesar 92,0, meningkat dibandingkan 79,0 pada bulan sebelumnya.

Keyakinan konsumen terpantau menguat di seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini