Masyarakat RI Kian Pede Ekonomi Membaik, Ini Buktinya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 320 2391847 masyarakat-ri-kian-pede-ekonomi-membaik-ini-buktinya-Uo51ReqXRi.jpg Ritel (Reuters)

JAKARTA - Survei Konsumen (SK) Bank Indonesia pada Maret 2021 mengindikasikan berlanjutnya perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2021 sebesar 93,4, meningkat dibandingkan dengan 85,8 dan 84,9 pada bulan Februari dan Januari 2021.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan bahwa perkembangan program vaksinasi nasional yang berjalan lancar mendorong perbaikan keyakinan terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi ke depan. Perbaikan keyakinan konsumen tercatat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, serta pada seluruh kelompok pendidikan.

 Baca juga; APBN Ekspansif, Sri Mulyani Yakin Ekonomi RI Tumbuh 5,3%

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei, tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Pontianak," kata Erwin di Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Berdasarkan hasil SK, perbaikan keyakinan konsumen pada Maret 2021 didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini.

 Baca juga: 2021 Ekonomi Indonesia Bakal Tumbuh Positif, Ini Penopangnya

Responden menyampaikan bahwa perbaikan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang oleh membaiknya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang. Selain itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan pembelian barang tahan lama.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini