Mendag Akui Perlindungan Konsumen Masih Lemah

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 320 2271977 mendag-akui-perlindungan-konsumen-masih-lemah-n9zgPtIkuE.jpg Mendag Agus Suparmanto (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Setelah 20 tahun pemberlakuan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ternyata masih memiliki kelemahan dalam implementasinya. Hal itu ditandai dengan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia baru mencapai 41,7% atau berada di level Mampu.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengungkapkan menjelaskan, dengan pencapaian itu artinya konsumen sudah mengenali hak dan kewajibannya serta menentukan pilihannya konsumsinya. Akan tetapi belum aktif dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai konsumen.

 Baca juga: Kepercayaan Konsumen Membaik tapi Masih di Level Pesimis

“IKK yang masih rendah ini tergambar dalam perilaku konsumen Indonesia yang masih enggan untuk komplain apabila terjadi permasalahan dalam mengkonsumsi barang dan atau jasa,” Kata Agus Suparmanto saat dalam webinar Online Perlindungan Konsumen Nasional 2020, Kamis (3/9/2020)

Agus menjelaskan, (IKK) ini merupakan salah satu alat ukur atau parameter di sebuah negara dalam mengukur tingkat keberanian sebagai konsumen dalam memperjuangkan hak-haknya. Untuk itu, kemendag menarget IKK tahun ini dapat meningkat.

 Baca juga: Survei BI: Optimisme Konsumen Masih Terjaga pada Level Positif

“Pada 2020 ini Kemendag menargetkan IKK meningkat sekurang-kurangnya di angka 42,” jelasnya

Menurut Mendag, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah sebagai regulator untuk meningkatkan perlindungan konsumen. Salah satu upayanya dengan terbitnya Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang diperingati setiap 20 April.

“Harkonas ini menjadi momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen, serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri,” pungkas Mendag.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini