nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertumbuhan Ekonomi 5,01% di Kuartal II, Begini Reaksi Gubernur BI

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 17:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 07 20 1751330 pertumbuhan-ekonomi-5-01-di-kuartal-ii-begini-reaksi-gubernur-bi-4841yEefdB.jpg Foto: Giri/Okezone

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi sepanjang kuartal II 2017 sebesar 5,01%. Artinya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II ini stagnan karena nilai ini sama dengan kuartal I 2017. 

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengakui, jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal II ini sedikit lebih lemah dibandingkan periode sebelumnya.

"Sama seperti kuartal pertama ya, artinya kita sudah lihat di kuartal II itu ada sedikit lebih lemah," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (7/8/2017). 

Baca Juga:

Di sisi lain lanjut Agus, faktor yang membuat pertumbuhan ekonomi pada kuartal II ini sedikit melemah adalah karena harga komoditi yang selama ini menjadi andalan ekspor Indonesia sempat terkoreksi. Sehingga membuat para pelaku usaha yang masih banyak yang memilih menunggu karena tingginya harga komoditi. 

"Kita sama-sama ikuti bahwa di Kuartal II antara lain perannya adalah harga komoditi andalan ekspor Indonesia itu ada sedikit koreksi. Kemudian pelaku-pelaku masih banyak yang ingin melihat apakah ini kembali akan terjadi penguatan harga komoditi," kata Agus.

Agus melanjutkan, faktor lainnya yang menjadi penyebab pertumbuhan ekonomi melambat adalah karena pada pengeluaran gaji ke-13 pada PNS terjadi pada Juli 2017 yang artinya terjadi pada kuartal ke III. Sehingga hal itu membuat konsumsi sedikit terbatas. 

"Kita mengetahui bahwa pengeluaran pemerintah untuk gaji ke-13 itu di bulan Juli artinya bukan di kuartal II. Kita juga melihat pada saat Ramadan kemarin bersama dengan hari pembayaran uang sekolah, itu membuat konsumsi terbatas," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini