Image

BPPT Bantu Pengembanan Produksi Garam, di Mana Saja Lokasinya?

ant, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 18:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 13 320 1755199 bppt-bantu-pengembanan-produksi-garam-di-mana-saja-lokasinya-m3FleX9z5H.jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - PT Garam juga telah menerima tawaran kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Serpong untuk melaksanakan program pengembangan produksi garam dengan membangun pabrik baru serta revitalisasi.

“Kedua program itu akan dipusatkan di Sampang, Madura, Jawa Timur yang merupakan pusat produksi garam dan kantor PT Garam,” kata Direktur Keuangan PT Garam Anang Abdul Qoyyum.

Pengembangan lainnya, kata dia, adalah mengelola lahan garam seluas 4.000 hektare di Kupang, NTT yang tidak terpakai maksimal selama 27 tahun, padahal NTT merupakan salah satu penghasil garam terbesar di Indonesia.

Baca Juga:

Ia berharap, dengan beberapa langkah yang akan dilakukan untuk menggali potensi garam nasional, akan menngembalikan kejayaan bangsa Indonesia di bidang pangan, khususnya garam.

Sebelumnya, BPPT akan menerapkan teknologi untuk meningkatkan produksi garam dengan proyek percontohan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kita bisa memproduksi garam lebih efisien, lebih cepat. Lahan kita kan selama ini terlalu kecil, petani memasukkan air garam, 14 hari, diuapkan. Kalau hujan, habis. Nah, ada teknologi dengan mengalirkan air garam, berputar-putar untuk meningkatkan konsentrasinya," kata Kepala BPPT Unggul Priyanto.

Baca Juga:

Unggul menjelaskan, dengan teknologi tersebut diperlukan lahan yang cukup luas untuk menampung air laut yang akan dikristalisasi dalam empat hari. Begitu konsentrasi tinggi, baru dialihkan ke lahan petani.

Dengan teknologi itu maka petani bisa panen garam dalam empat hari dari sebelumnya yang membutuhkan waktu 12 hari. Selain menghasilkan garam, teknologi tersebut juga dapat menghasilkan produk lain. Misalnya air yang sudah dipakai, bisa ditampung, bisa dimanfaatkan untuk industri seperti minuman isotonik. Lahan luas juga bisa ditebar benih untuk makan ikan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini