nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Rencana Kenaikan Gaji PNS, Menpan RB: Doain Saja!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 10:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 22 320 1760455 soal-rencana-kenaikan-gaji-pns-menpan-rb-doain-saja-JyQGhM3TA1.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah menegaskan bahwa tidak akan ada kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2018. Namun, pemberian gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) tetap diberikan baik untuk PNS dan pensiunan.

PNS pun sudah cukup lama tidak merasakan kenaikan gaji. Lantas, apakah pemerintah akan mempertimbangkan kenaikan gaji PNS pada tahun 2018 mendatang?

"Ya nanti kita secara komprehensif kita umumkan deh. Nanti bagaimana proses akhirnya saya umumkan. Kalau belum nanti saya enggak enak," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur saat dikonfirmasi tentang rencana kenaikan gaji PNS, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Baca Juga: Dengan Skema Lama, Pemerintah Harus Keluarkan Rp90 Triliun untuk PNS

Belum dipastikan apakah tahun 2018 pemerintah akan mengajukan kenaikan gaji bagi Aparatur Sipil Negara untuk tahun anggaran selanjutnya. Hal ini pun akan dibahas kembali oleh pemerintah.

"Ya doain aja," ujarnya.

Baca Juga: Gaji PNS Tak Naik, Pemerintah Kaji THR untuk Pensiunan

Sebelumnya, Direktur Penyusunan APBN Kementerian Keuangan Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan pertimbangan tidak ada kenaikan gaji PNS ini dikarenakan PNS sudah mendapatkan gaji ke-13 dan juga Tunjangan Hari Raya (THR).

"Ya gaji memang tidak naik, sebenarnya kita kasih THR dan insya Allah tahun depan pensiunan juga dapat THR. Gaji 13 dan THR (Pensiunan dan PNS)," ungkapnya di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, 16 Agustus 2017.

 Baca Juga: Daripada Utang Makin Besar, Lebih Baik Gaji PNS Tak Naik Tahun Depan

Sementara itu, pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) Lana Soelistianingsih menilai bahwa keputusan Pemerintah sudah tepat. Pasalnya, Pemerintah tidak memiliki sumber pendanaan apabila harus menaikkan gaji PNS.

Menurutnya, jika Pemerintah ngotot untuk menaikkan gaji PNS, maka negara terpaksa menambah utang hanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Kalau pemerintah tidak punya uang masak dinaikkan. Ambil darimana, pemerintah tidak punya sumber uang lagi, hanya dari pajak," ujarnya saat dihubungi Okezone.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini