nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salurkan Bansos via Bank, Faktor Keamanan Jadi Alasan Utama

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 17:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 24 320 1762391 salurkan-bansos-via-bank-faktor-keamanan-jadi-alasan-utama-9ATCAHOKZd.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Sosial berencana menyalurkan dana Bantuan Sosial pada 2018 dengan menggunakan teknologi. Adapun teknologi tersebut yakni dengan penggunaan account bank.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial ,Andi Z Dulung mengatakan pada awalnya ada dua teknologi yang menjadi pemilihan penyaluran bansos oleh pemerintah. Dua teknologi tersebut yakni menggunakan kartu (cashcard) dan melalui account bank.

Baca juga: Canggih! Penyaluran Bansos Dilakukan Melalui Account Bank

"Awalnya teknologinya ada dua . Yang pertama adalah teknologi cashcard (uangnya ada dikartu) kemudian ada yang menggunakan account bank. Nah kita pilih yang melalui account bank," ujarnya saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Menurut Andi alasan mengapa pihaknya memilih penggunaan account bank adalah setelah mempertimbangkan faktor keamanan dalam penyaluran bansos tersebut. Selain itu, faktor efesiensi juga menjadi pertimbangan dipilihnya account bank dari pada menggunakan cascard.

Baca juga: Gunakan Teknologi, Penyaluran Bansos Bakal Lebih Cepat!

"Kita gunakan yang account di bank,karena cash card itu kalau hilang maka uangnya juga hilang, kalau account di bank kan engga," jelasnya .

Selain itu, penggunaan account bank juga dinilai lebih hemat anggaran. Karena dalam penggunaan ini, pemerintah tidak perlu menggunakan APBN lagi untuk membuatnya.

Baca juga: Alhamdulillah... Penyaluran Bantuan Sosial Nontunai Ditargetkan Rampung Bulan Ini

"Sekarang ini sistemnya melalu perbankan jadi teknologinya juga sudah tidak menggunakan APBN lagi," kata Andi.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini