Share

Bandara Karawang Ditunda, Jawa Barat Lebih Memilih Kertajati

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 320 1771403 bandara-karawang-ditunda-jawa-barat-lebih-memilih-kertajati-XAjEOozy3v.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memastikan menunda pembangunan bandara di Karawang. Padahal sebelumnya pembangunan bandara di Karawang direncakan akan berkonsep airport city.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan ditundanya rencana pembangunan airport city di Kabupaten Karawang lantaran keinginan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Dimana Pemprov Jawa Barat sendiri lebih memilih pembangunan bandara Kertajati di Majalengka.

 Baca juga: Ditargetkan Jadi Pusat Logistik, Bandara Kertajati Bakal Angkat Perekonomian Bandung Cs

"Memang dulu the greater Jakarta airport itu di Karawang tapi kan Karawang milik Jawa Barat. Dalam aturan harus dapat rekomendasi dari gubernur untuk mendapatkan RTRW. Pemerintah daerah Jawa Barat saat itu lebih mengusulkan kepada bandara Kertajati di Majalengka. Inilah sebabnya yang titik Karawang itu kita hentikan agar tidak mengganggu Kertajati," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

 Baca juga: Wah, 51% Saham Bandara Kertajati Bisa Dikuasai Pemprov

Namun lanjut Agus, dirinya harus tetap mengikuti sekaligus mengapresiasi keinginan dari Pemprov Jawa barat tersebut. Karena jika dipandang dari sisi positifnya, bandara Kertajati bisa membantu mengalihkan aktivitas pergerakan penumpang dari Karawang.

 Baca juga: Sah! AP II Jadi Operator Bandara Internasional Jawa Barat

Sehingga tentunya beban terhadap Bandara yang ada di Jakarta akan semakin berkurang karena ada pengalihan tersebut. Selain itu, dengan adanya Bandara Kertajati juga mempermudah arus barang yang berasal dari terminal Patimban.

"Kertajati ini untuk menyervis aktivitas Karawang dan sebagainya menembusnya ke Jakarta. Ini juga untuk.memecah aktivitas Karawang ke timur supaya bisa ke Kertajati. Bukan berarti dibatalkan tapi hanya ditunda. Selain itu , Patimban itu tidak terlalu jauh dari Kertajati," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini