Share

Jamin Listrik dari Sampah Plastik Tidak Bahaya, Menko Luhut: Di Swedia Sudah Dibangun Fasilitasnya!

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 11 September 2017 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 11 320 1773478 jamin-listrik-dari-sampah-plastik-tidak-bahaya-menko-luhut-di-swedia-sudah-dibangun-fasilitasnya-4GCwsBlc3r.jpg Menko Maritim Luhut Pandjaitan (Foto:Trio Hamdani/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan memastikan bahwa pemanfaatan limbah plastik menjadi energi listrik tidak berbahaya bagi lingkungan sebagaimana dituduhkan sejumlah LSM.

Luhut bercerita bahwa dirinya sudah membuktikan sendiri dengan mendatangi negara yang sukses memanfaatkan limbah plastik, yakni Swedia. Pada Juni lalu, Luhut bertandang ke Stockholm, ibu kota Swedia. Di sana pemanfaatan limbah plastik menjadi listrik terbukti aman.

 Baca juga: Alasan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Dibangun di 7 Daerah

"Itu menjadi pertanyaan besar bagi kami. Bagaimana mungkin Pemerintah Swedia di Stockholm membangun fasilitas energi dari limbah, sementara, di Indonesia, dianggap sebagai pelanggaran terhadap konvensi internasional," jelas Luhut dalam National Conference On Waste To Energy di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Ketika berkunjung ke Swedia dan negara-negara Nordik lainnya, Luhut menemukan bahwa mereka memiliki teknologi yang dapat membuat konversi limbah plastik menjadi listrik tidak berdampak negatif bagi lingkungan.

 Baca juga: Ingat! Indonesia Bisa Hemat USD5 Miliar dari Efisiensi Pembangkit Listrik

"Saya menemukan bahwa limbah untuk energi yang efisien, multifungsi dalam hal ini menghilangkan limbah dan pada saat yang sama menghasilkan energi terbarukan, tidak berbahaya bagi kesehatan dan banyak digunakan di Swedia dan juga di Nordic lainnya negara," jelasnya.

Tidak hanya itu, Luhut menjelaskan bahwa di negara Nordik itu semakin sulit menemukan limbah plastik karena semuanya sudah dioptimalkan untuk menghasilkan energi listirk.

 Baca juga: Pertama di Indonesia, Legok Nangka Gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

"Dengan demikian, fasilitas mereka menghilangkan limbah, menghasilkan listrik dan membuat keuntungan dengan menjual produk bernilai tinggi," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini