Share

Menteri Luhut: Bandara Kertajati Bisa Angkut Jamaah Haji Tahun Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 12 September 2017 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 12 320 1774513 menteri-luhut-bandara-kertajati-bisa-angkut-jamaah-haji-tahun-depan-vBZvM7JRS3.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pengoperasian Bandara Udara Kertajati. Penandatanganan dilakukan oleh pemerintah yang diwakili oleh PT Angkasa Pura II (AP II) dengan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang mewakilinya Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, selama ini untuk pengoperasian bandara Kertajati belum juga diputuskan karena beberapa hal. Salah satunya adalah belum ketemunya kesepakatan antara pihak AP II dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Operasikan Bandara Kertajati, AP II Teken MoU dengan Pemprov Jabar

Sehingga dengan adanya MoU antar keduanya, dirinya memastikan jika Bandara Internasional Kertajati akan beroperasi pada tahun depan. Bahkan dirinya menargetkan Bandara ini sudah bisa digunakan oleh Jawa Barat untuk mengangkut calon jamaah haji di Jawa Barat.

"Kertajati kan selama ini belum ketemu antara AP II dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jadi tadi sudah selesai MoU itu 51:49, nah semua sudah sepakat jadi target kita haji tahun depan sudah bisa dari situ," ujarnya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Saat ini lanjut Luhut, baik pemerintah tahun pusat maupun Pemprov Jawa Barat tinggal fokus kepada perbaikan-perbaikan infrastruktur penunjangnya. Seperti penambahan runway hingga akses jalan menuju bandara.

Baca juga: Bandara Karawang Ditunda, Jawa Barat Lebih Memilih Kertajati

"Sudah dari situ sekarang baru urus krimil-krimilnya diselesaikan misalnya masalah infrastruktur," kata Luhut.

"Yang sudah itu perpanjangan runwaynya menjadi 3.300 meter, pembebasan lahan juga semuanya sudah jalan. Masih ada satu yang belum selesai, tadi itu jalan penghubung ke tol ada sekitar 2 Kilometer (km) tapi itu juga insya Allah selesai, AirNav semua oke lain-lain juga semua oke," imbuhnya.

Ditemui di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan meskipun sempat ada beberapa masalah terkait pembebasan lahan, namun menurutnya tidak ada masalah berarti dalam pembangunan Bandara Kertajati. Sehingga dirinya juga mengamini jika Bandara Kertajati di Majalengka bisa beroperasi tahun depan.

Baca juga: Ditargetkan Jadi Pusat Logistik, Bandara Kertajati Bakal Angkat Perekonomian Bandung Cs 

"Ada yang ujung (pembebasan lahan), tapi tadi pagi sudah siap dibebaskan. Sebenarnya mereka sekarang sudah 2.400 meter dan itu Airbus sudah bisa. Tapi kami ingin pesawat 777 juga bisa masuk di sana jadi landasannya musti 3.000 meter. Jadi butuh 300 meter lagi," kata Budi.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini