Image

Mau Jadi Anak Buah Menteri Susi Pudjiastuti? Simak Caranya

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:07 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 14 320 1775983 mau jadi anak buah menteri susi pudjiastuti simak caranya txsHDmyfXc jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Pemerintah tahun ini kembali membukukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 17.928 orang. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun mendapat jatah menerima CPNS baru sebanyak 329 orang.

Adapun formasi CPNS KKP 2017 sebanyak 329 orang tersebut terdiri dari 5 lulusan terbaik dari setiap jurusan 322, disabilitas 4 dan putra-putri Papua sebanyak 3 orang.

Penerimaan CPNS KKP tentu menarik untuk masyarakat, di mana KKP saat ini dipimpin oleh Susi Pudjiastuti sebagai menterinya. Susi sendiri dikenal sebagai menteri yang kejam dengan illegal fishing dan kerap melakukan tindak penenggelaman kapal yang kedapatan menangkap ikan tanpa izin.

Baca juga: Kolaborasi Rini Soemarno dan Susi Pudjiastuti Jaga Kualitas Air Jatiluhur

Untuk itu, Susi mengajak para putra-putri Indonesia untuk mendaftarkan diri. Dia menekankan, karena jatah KKP terbatas dalam menambah jumlah pegawai baru maka yang akan dicari adalah lulusan terbaik dari setiap universitas.

"Saya klarifikasi tentang seleksi penerimaan CPNS KKP 2017. Beberapa hari lalu dibuat iklan cumlaude dimaksud kita mencari lulusan 5 terbaik dari setiap jurusan baik Universitas maupun Akademi. Jadi kita mau menjaring 5 orang terbaik per jurusan, bukan hanya cumlaude," ujarnya di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Selain itu kriteria pelamar yang dilihat yakni, untuk disabilitas kriterianya mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi. Kemudian, lulusan dengan predikat sangat memuaskan dengan IPK minimal 3. Akreditasi PTN/PTS perguruan tinggi B dan program studi C.

Baca Juga: Masih Sepi Peminat, Kemenpan RB: Kita Tunggu Sampai 25 September

Sebenarnya, kata Susi jumlah CPNS baru terlalu sedikit dibandingkan pekerja KKP yang berhenti. Dari 2015-Agustus 2017, jumlah PNS KKP yang pensiun hingga diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri mencapai 444 orang.

"Tapi saya harap penerimaan CPNS 2017 kita bisa dapat SDM unggul bisa memperbaiki kualitas pelayanan dan kecepatan daripada pembangunan yang dipikul jadi tanggung jawab KKP,"ujarnya.

Baca Juga: Ini Syarat Utama Jadi CPNS Kejagung, Bebas Narkoba dan Belum Menikah

Adapun informasi lebih lanjut bisa dicek langsung di kkp.go.id. Di mana di sana bisa diketahui kriteria pelamar apa saya yang dibuka, misalnya seperti analis kelautan dan perikanan, dokter gigi hingga statistik ahli pratama.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini