nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Tanya Manfaat Tol Bawen-Salatiga, Kades: Dulu Tiap Hari Orang Kantoran Nangis Berangkat Kantor Jam 5 Pagi

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 25 September 2017 19:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 25 320 1782766 jokowi-tanya-manfaat-tol-bawen-salatiga-kades-dulu-tiap-hari-orang-kantoran-nangis-berangkat-kantor-jam-5-pagi-537Nck2VoI.jpg Jokowi Meninjau Salatiga (Foto: Feby Novalius/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga. Seperti dalam acara-acara biasanya, ia menunjuk salah seorang untuk maju ke depan. panggung dan menjawab pertanyaannya.

Dia mengatakan, dalam setiap pembangunan seperti jalan tol baru hendaknya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Untuk itu kali ini ia menunjuk pejabat daerah yakni Kepala Daerah (Kades).

 Baca juga: Gerbang Tol Salatiga, Gerbang Tol Terindah di Dunia yang Jadi Target Selfie

"Maju satu Pak Lurah. Paling tidak punya keberanian maju. Nanti perkara ditanya gak bisa ya tidak apa-apa. Dikenalkan Pak Lurah namanya siapa?" ujar Jokowi, di acara peresmian Tol Bawen-Salatiga, Gerbang Tol Salatiga, Jawa Tengah, Senin (25/9/2017).

"Nama saya Samroni, Pak. Saya Kades Ujung-Ujung, Kecamatan Magelang, Kabupaten Semarang,"jawab sang Kades.

 Baca juga: Begini "Panjangnya" Jalan Tol Jakarta-Surabaya, Masih Kurang 377 Km Lagi!

Jokowi mengatakan, Tol Bawen-Salatiga sudah jadi dan siap dioperasikan. Menurut masyarakat di sekitar wilayah tol ini bagaiman respons masyarakatnya.

"Untuk ke Semarang dan jemput di Bandara sekarang hanya 30 menit lewat tol. Dulu itu sampai 2 jam. Wezzz sekarang 30 menit sampai naik Avanza," tutur Kades.

 Baca juga: Tol Bawen-Salatiga Beroperasi, Menteri PU: Selanjutnya Salatiga-Solo!

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun melanjutkan pertanyaannya. Selain efiesien waktu karena hadirnya tol baru ini, hal apa lagi yang bermanfaat dari hadirnya tol sepanjang 17,5 kilometer (km) ini.

"Dulu itu orang perkantoran tiap hari nangis, kerja di Semarang harus berangkat pagi jam 05.00 WIB. Sekarang setelah ada tol bisa jam 07.00 WIB, bisa santai, pagi gak ketinggalan," ujarnya.

Jokowi melanjutkan pertanyaannya. Hal apa lagi yang masyarakat perlu ketahui dari hadirnya tol ini. Bagaimana dampak ekonominya?

"Untuk yang ketiga ini saya bingung Pak. Mungkin secara ekonomi tanah-tanah harganya tinggi tiga kali lipat," jawab Kaden.

Jokowi pun mengambil kesimpulan, kehadiran tol ini membuat aset masyarakat memiliki nilai valuasi yang besar. Dengan demikian yang diuntungkan adalah masyarakat.

"Saya kira manfaat kita peroleh dari adanya jalan tol adalah masyarakat diuntungkan. Dengan infrastruktur seperti itu kita juga besaing dengan negara lain kompetitif semakin kuat,"ujarnya.

Di akhir pengarahannya, Presiden Jokowi pun tidak lupa memberikan hadiah sepeda kepada Kades Ujung-Ujung yang telah menjawab semua pertanyaan.

"Pak Kades tolong kirimkan nama alamat rumah ke ajudan. Ini bukan untuk kenaikan pangkat, tapi nanti dikirimkan sepeda,” tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini