Image

Bank Jepang Pinjami Rp1 Triliun ke Blue Bird untuk Modal Beli Armada

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 15:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 278 1794109 bank-jepang-pinjami-rp1-triliun-ke-blue-bird-untuk-modal-beli-armada-ivDtQJ80A3.jpg Ilustrasi Taksi Blue Bird. (Foto: Okezone/Heru)

JAKARTA - PT Blue Bird Tbk (BIRD) berhasil memperoleh pinjaman dari perusahaan Jepang. Pinjaman tersebut diberikan lewat PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan perseroan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (12/10/2017), Blue Bird mendapatkan fasilitas pinjaman dengan plafon sebesar Rp1 triliun. Rencanannya, pinjaman tersebut akan digunakan untuk belanja barang modal dan pembiayaan armada.

Adapun pinjaman tersebut, dilakukan dengan cara 48 kali angsuran setiap bulan, dan jatuh tempo pada enam tahun dan maksimal pembayaran dilakukan pada 29 September 2023.

Baca Juga: Tarif Taksi Online Batal Diatur, Pengemudi dan Pengguna Malah Rugi?

Dengan adanya pinjaman tersebut, diperkirakan akan menunjuang kegiatan operasional perseroan anak-anak perusahaan, dengan pemeberlanjaan barang modal untuk pembiayaan armada transportasi taksi, bus dan rental berikut perlengkapan armadanya.

Sekadar informasi, PT Blue Bird Tbk (BIRD) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp1 triliun hingga Rp1,2 triliun. Adapun untuk tahun ini, modal tersebut akan difokuskan untuk melakukan peremajaan beberapa armada.

Khusus untuk armada di daerah Jabodetabek hanya akan dilakukan peremajaan angkutan, baik dari armada taksi dan non-taksi. Perusahaan taksi terbesar di Indonesia ini belum berencana untuk menambah armada baru.

Sedangkan untuk armada di luar Jabodetabek, Blue Bird akan melihat permintaan yang terjadi di pasar. Apabila ada peningkatan maka perseroan akan mempertimbangkan untuk menambah armada baru.

Sumber dana capex disebutkan Fransetya diprioritaskan dari dana kas internal. Namun, apabila melebihi dari kemampuan kas internal, maka Blue Bird akan mengambil tambahan dari kredit investasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini