Image

Pemda Diminta Bereskan Rencana Umum Energi, DEN: Kalau Tidak Dikerjakan Ada Sanksi

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794066 pemda-diminta-bereskan-rencana-umum-energi-den-kalau-tidak-dikerjakan-ada-sanksi-LwLnKhV2v7.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Dewan Energi Nasional (DEN) menggelar sidang anggota ke-23. Dua dari bahasan utama yakni terkait dengan sinkronisasi Rencana Umum Energi (RUEN) dengan Rencana Strategis Kementerian dan Lembaga (K/L) Anggota DEN.

Anggota DEN Syamsir Abduh mengatakan, sinkroniasi RUEN sekarang harus dilakukan, di mana masih ada 9 Provinsi yang belum membuat Rencana Umum Energi Daerah (RUED). Ketua Harian DEN sekaligus Menteri ESDM Ignasius Jonan mengimbau kepada daerah tersebut untuk segera menyelesaikan RUED.

Baca juga: Usul DEN: Penerapan Biodiesel 30% Ditunda hingga 2030

"Ini jadi sangat penting dan telah dinyatakan sebagai program strategis nasional (PSN). Berarti kalau tidak dikerjakan ada sanksinya,"ujarnya di Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

RUED menjadi sangat penting untuk memberikan gambaran kebutuhan energi di daerahnya masing-masing. Karena itu, RUED harus segera diselesaikan sebelum ada perubahan karena di 2018 dan 2019 mulai ada pergantian pimpinan kepala daerah.

"Mengingat momentum ini jangan sampai lewat, karena kita mau 2018 ada Pilkada dan 2019 ada pemilu. Jadi jangan sampai momentum lewat. Kalau penyusunan RUED terlambat akhirnya momentum itu tidak dimanfaatkan dengan baik karena sudah masuk tahun politik,"ujarnya.

Baca juga: Kesimpulan Rapat Perdana, Komisi VII Desak DEN Bikin Rencana Umum Energi Daerah

Hal lain yang penting adalah, penyusunan RUED akan disinkronisasi dengan RUEN, rencana kerja kementerian dan lembaga, rencana investasi perusahaan.

"Jadi kita sinkronkan dengan target dengan RUED. Memang boleh dikatakan akan tertunda. Sekarang hampir setahun tapi daerah tidak ada selesai,"ujarnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini