Faisal Basri: Ekonomi Dunia Lagi Bagus Banget

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 16 320 1796591 faisal-basri-ekonomi-dunia-lagi-bagus-banget-GJoZN6dOiF.jpg Faisal Basri. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ekonomi dunia akhirnya mulai bangkit pada tahun ini setelah mengalami krisis yang cukup lama. Hal tersebut dibuktikan dengan tumbuhnya perekonomian hampir negara-negara di dunia.

Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan, saat ini perekonomian dunia berada di angka 3,6% atau naik 0,4% dari angka sebelumnya yang hanya sebesar 3,2%. Bahkan volume perdagangan dunia juga naik dari angka 2,4% menjadi 4,2%

"Intinya ekonomi dunia itu bagus banget. Growthnya naik dari 3,2% ke 3,6%. Hampir semua negara di upgrade awal minggu lalu oleh IMF. Volume perdagangan juga naik dari 2,4% menjadi 4,2%," ujarnya dalam acara diskusi di The Hermitage Hotel, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Meskipun, pertumbuhan ekonomi dunia yang tidak semerta-merta membuat ekonomi Indonesia menguat. Karena, ada waktu yang cukup lama bagi Indonesia untuk merasakan dampaknya. "Ekonomi dunia yang membaik ngefek ke kita-nya tidak seketika. Ada timelack yang cukup panjang dibanding negara lain," jelasnya.

Hal tersebut, dikarenakan Indonesia menjadi negara yang cukup berbeda dari yang lainya. Selain itu, Indonesia dinilai tidak kompitebel jika dibandingkan dengan negara-negara lainya. Namun, hal itu bisa cukup menguntungkan, karena ketika ekonomi dunia sedang melambat, maka dampaknya terhadap ekonomi Indonesia juga akan lambat terasa.

"Ciri ekonomi kita agak beda dengan dunia. Kalau ekonomi dunia turun, kita nggak begitu turun itu keuntungannya. Bukan karena kita kuat, tapi karena kita tidak compatible dengan dunia. Jadi kita tidak bisa berharap banyak dari ekonomi dunia yang membaik," imbuh dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini