3 Tahun Jokowi-JK, Tingkat Kepuasan Masyarakat Capai 60%

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 18 Oktober 2017 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 18 320 1797693 3-tahun-jokowi-jk-tingkat-kepuasan-masyarakat-capai-60-Ll3Y3nglpq.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki tahun ketiga pada tanggal 20 Oktober 2017 mendatang. Banyak capaian sudah dicapai dibawah kepemimpinan keduanya.

Direktur Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan meskipun banyak yang sudah dicapai akan tetapi masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Hal tersebut terbukti dari tingkat kepuasan pemerintahan Jokowi-JK yang baru mencapai 60%.

"Secara laporan dari beberapa lembaga survei yang kita kaji ada kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pak Jokowi angkanya di atas 60% secara overall untuk beberapa bidang," ujarnya dalam acara diskusi di Gado-Gado Boplo, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Baca juga: Menteri Susi: 6.853 Alat Tangkap Pengganti Cantrang Sudah Dibagikan

Menurut Enny, tingkat ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi-JK paling banyak berasal dari bidang ekonomi. Yang mana tingkat ketidakpuasan di bidang ekonomi mencapai 40%.

"Ada beberapa catatan yang memang masyarakat kurang puas, terutama dalam bidang ekonomi angkanya 40% an," jelasnya. .

Baca juga: 3 Tahun Presiden Jokowi, Proyek Wisata Mangkrak 30 Tahun Berhasil Dijalankan

Oleh karenanya lanjut Enny, dirinya berpesan kepada pemerintah untuk segera berbenah di sisa dua tahun pemerintahan keduanya tersebut. Pemerintah perlu segera melakukan evaluasi untuk bisa meningkatkan kepuasan masyarakat melalui percepatan pembangunan ekonomi.

"Instrumen yang benar menjadi kunci percepatan dan menjadi solusi di bidang ekonomi adalah APBN," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini