Share

Bertemu S&P Global Rating, Sri Mulyani dan Menko Luhut Minta Rating RI Dinaikkan?

Feby Novalius, Okezone · Jum'at 20 Oktober 2017 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 320 1799247 bertemu-s-p-global-rating-sri-mulyani-dan-menko-luhut-minta-rating-ri-dinaikkan-IHAqWRr4SI.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani telah melakukan pembicaraan dengan Standard & Poor'S (S&P) Global Ratings beberapa waktu lalu.

Hasilnya, tahun depan lembaga pemeringkat investasi ini akan menaikan peringkat utang Indonesia menjadi lebih baik dari "BBB-" atau layak investasi dengan outlook stabil.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun membenarkan soal tersebut. Namun seperti apa hasilnya, yang jelas segala persoalan yang selama ini menjadi subjek S&P sebagai indikator penilaian sudah diperbaiki.

Baca juga: Kans Peringkat RI Bisa Meningkat, Menko Luhut: Menurut Saya Pribadi Peluang Itu Ada

"Apakah dari sisi kebijakan ekonomi seperti fiskal APBN 2017, rencana 2018, kondisi ekonomi moneter dan neraca pembayaran dan masalah institusi, dalam hal ini mereka menanyakan berbagai policy. Sudah disampaikan," ujarnya di Auditorium PTIK, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Untuk hasilnya, Sri Mulyani enggan sesumbar. Ia menyerahkan semuanya kepada S&P Global Ratings.

"Yang jelas mereka cukup positif dan confident terhadap apa-apa yang kita jelaskan dan kita berharap nanti mereka sampaikan,"ujarnya.

Baca juga: Utang Indonesia Naik, Menko Luhut: Saya Bingung Kenapa Orang Ribut?

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menceritakan, saat dia melakukan kunjungan kerja Ke Amerika Serikat (AS) dan bertemu S&P Global Ratings.

Pertemuan dengan S&P Global Ratings dilangsungkan selama satu jam. Di situ, kata Luhut, dijabarkan mengenai banyak hal di mana semua indikator ekonomi Indonesia saat ini baik.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini