Share

Banyak Pelanggan Nakal PDAM, dari Curi Air hingga Curangi Meteran

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 26 320 1803066 banyak-pelanggan-nakal-pdam-dari-curi-air-hingga-curangi-meteran-2vgQiD32nK.jpg Foto: Fakhri/Okezone

PONTIANAK - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa mengungkapkan banyaknya perlakuan konsumen yang kurang begitu baik. Salah satunya pencurian air.

Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Lajirto mengatakan, dalam sebulan saja dirinya menemukan pencurian hingga 40 orang.

“Banyak jenisnya, ada meteran dicucuk, ada juga pelanggan yang sudah ditutup tapi masih memakai air dari PDAM,” ujarnya di Pontianak, Kamis (26/10/2017).

Dirinya menjelaskan, saat ini ada sekira 11.000 pelanggan yang dihentikan langganannya. Namun, 40% di antaranya masih nakal mengakali air PDAM.

“Caranya pas ditutup, mereka menyembunyikan pipa PDAM, tak tanggung-tanggung, dengan semen. Jadi saat ingin menutup, kita tidak menemukannya,” ujarnya.

Dia mengatakan, kebocoran tersebut terbagi dua. Dirinya menjabarkan bisa disebabkan bocornya pipa dan juga karena pencurian.

“Sebanyak 30% kebocoran, kerugian 1 persennya mencapai Rp125 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Rina Agustin mengatakan, kebocoran tersebut relatif karena di bawah kebocoran nasional sekira 30%.

“Wajar 20%-an, ini relatif bagus di bawah nasional 30%,” ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini