nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Bengkel Pesawat di Indonesia, Airbus Disarankan Gaet Mitra Lokal

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 20:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 26 320 1803155 buka-bengkel-pesawat-di-indonesia-airbus-disarankan-gaet-mitra-lokal-G70UBJUImr.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - President Asia Pacific Airbus telah menemui Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk meminta izin membangun bengkel pesawat terbang di dalam negeri.

Pembuatan bengkel Airbus tersebut, akan dikerjasamakan dengan PT Dirgantara Indonesia. Di mana akan menjadi bengkel pesawat militer. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan juga untuk memperbaiki pesawat komersil, di mana banyaknya armada Airbus di dalam negeri.

Ketua Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) Pahala Mansury mengatakan, Airbus datang ke Indonesia untuk membangun bengkel pesawat sesuatu yang bagus. Di mana banyak dampak positif mulai dari transfer teknologi dan lainnya.

Baca juga: Wah! Ketemu Menko Luhut, Airbus Bakal Bangun Bengkel Pesawat Militer di Indonesia

"Karena tentunya MRO beroperasi disini sudah mengenal dan costumer dari pihak maskapai juga. Jadi kalau kita membuka kesempatan pihak asing kembangkan usaha di Indonesia, bisa transfer teknologi juga. Jadi saya rasa ini positif ke depan,"tuturnya, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Meski demikian, lanjut Direktur Utama Garuda Indonesia ini, industri bengkel pesawat di Indonesia sudah ada. Jika memungkinkan Airbus bisa melakukan kerjasama supaya bisa mengoptimalkan fasilitas yang ada.

"Bisa bermitra dan berpartner dengan MRO yang ada di Indonesia, sehingga betul-betul nantinya bukan hanya, semua pihak bisa mendapatkan manfaat dari itu," tuturnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini