Image

Wih, Pengusaha Tantang Buruh Bikin Usaha Sendiri dengan Gaji Tinggi

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017, 16:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 31 320 1805826 wih-pengusaha-tantang-buruh-bikin-usaha-sendiri-dengan-gaji-tinggi-SFBCIEFaEu.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Tiap tahun tuntutan buruh selalu sama yaitu kenaikan upah kerja. Tak jarang pengusaha dan tenaga kerja berselisih pendapat dalam menetapkan besaran upah minimum provinsi (UMP).

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menceritakan perseteruan yang baru-baru ini terjadi antara pengusaha dan tenaga kerja terkait angka UMP DKI Jakarta.

"DKI kemarin kan minta survei KHL (kebutuhan hidup layak). Survei sudah dilakukan hasilnya lebih rendah dari UMP (hasilnya: Rp3.149.631), marah juga serikat pekerja minta di-adjust lagi," kata Ketua Bidang Ketenagakerjaan Apindo Harijanto saat ditemui di Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Baca Juga: Menaker ke Gubernur: UMP 2018 Harus Diumumkan 1 November!

Lantaran tenaga kerja selalu menuntut kenaikan gaji yang dianggapnya terlalu tinggi, dia pun menantang tenaga kerja mendirikan usaha sendiri dengan upah yang tinggi. Dia ingin agar tenaga kerja tahu berada di posisi pengusaha.

"Kalau semuanya maunya (gajinya) tinggi-tinggi lagi lebih baik semua jadi wiraswasta saja. Nanti bisa merasakan mau apa enggak kalau mereka menggajinya segitu," ujarnya.

Baca Juga: 

UMP 2018 Naik 8,71%, Bagaimana Perhitungannya?

Simak! Buruh Minta Kenaikan Upah Minimum Rp675.000 di 2018

Adapun tuntutan buruh saat ini adalah kenaikan UMP DKI menjadi sebesar Rp3,9 juta - Rp4,1 juta. Artinya kenaikannya Rp600 ribu dari UMP DKI saat ini yang sebesar Rp 3,3 juta.

Namun, berdasarkan ketetapan pemerintah, kenaikan UMP masing-masing provinsi dipukul rata sebesar 8,71% untuk tahun depan. Dia mengaku pihaknya tidak bisa menolak keputusan pemerintah. "Artinya walaupun 8,71% sebagian industri berat tapi kan harus kita terima. Tapi yang kita takutkan PHK makin banyak," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini