nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekonomi Dunia Tumbuh 3,6%, Faisal Basri: Tahun Depan Lebih Baik Lagi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 13:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 09 20 1811210 ekonomi-dunia-tumbuh-3-6-faisal-basri-tahun-depan-lebih-baik-lagi-SYNeUgQMwi.jpg Foto: Giri/Okezone

JAKARTA - Ekonomi dunia akhirnya mulai bangkit tahun ini setelah mengalami krisis yang cukup lama. Hal tersebut dibuktikan dengan tumbuhnya perekonomian di beberapa negara di dunia.

Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan, saat ini perekonomian dunia berada di angka 3,6%. Angka tersebut naik 0,4% dari angka sebelumnya yang hanya sebesar 3,2%.

"Ekonomi dunia lagi baik dan tahun depan akan lebih baik lagi," ujarnya dalam acara seminar yang diselenggarakan oleh PT MNC Sekuritas di Hotel Ambhara, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Menurut Faisal, membaiknya ekonomi dunia dibuktikan dengan perdagangan dunia yang naik. Hal itu terlihat dari naiknya indeks kontainer dunia yang naik pada tahun ini.

"Kontainer naik terus artinya perdagangan di dunia naik terus. Volume perdagangan naik dari 2,4% menjadi 4,2%. Jadi Dunia ini memang jarang-jarang naik seperti sekarang," jelasnya.

Tak hanya itu, produksi negara-negara dunia juga mulai menunjukkan kenaikan. Apalagi jumlah produksi di negara-negara dunia juga ditunjang dengan konsumsi yang saat ini mulai mengalami kenaikan.

"Consumer confidence naik terus. Jadi dari segi produksi dan konsumsi bagus sekali negara-negara di dunia ini," jelasnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini