Image

TIPS LARIS: Jangan Lengah, Ini 5 Cara Mempertahankan Penjualan

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 12 November 2017 07:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 11 320 1812537 tips-laris-jangan-lengah-ini-5-cara-mempertahankan-penjualan-BBU5HgqN4w.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebuah bisnis dikatagorikan sukses jika mereka mampu mempertahankan angka penjualannya tetap tinggi. Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

Guna menjaga agar bisnis tetap stabil, Anda harus memiliki prospek yang dilanjutkan dengan aksi. Selain itu, anda juga harus melakukan prospekting secara terus menerus untuk bisa menjaga hubungan dengan pelanggan.

Dilansir dari halaman tenfold, berikut lima hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan penjualan anda :

1. Targetkan prospek yang tepat.

Prospek penjualan yang sukses adalah mengetahui bahwa tahap awal dan penting dari pekerjaan mereka adalah meneliti secara ekstensif klien ideal mereka. Sebaiknya, sespesifik mungkin saat menentukan kriteria aktivitas calon pelanggan Anda.

Kenali siapa pelanggan Anda, dan bagaimana mereka bisa bahagia dan dekonstruksi kriteria mereka dari sana. Tanyakan pada diri Anda, "Apakah ada persamaan demografi antara anda dengan mereka ?”

Setelah Anda menentukan garis dasar yang relevan ini, maka akan dengan sangat mudah membuka perbincangan dengan calon pembeli anda. Terus perbarui diri Anda pada tren target pasar dan industri Anda.

Tetap gunakan kontak influencer Anda untuk mengawasi pasar yang sedang berkembang untuk prospek yang lebih mungkin, atau bahkan diversifikasi prospek.

2. Rencanakan Aktivitas Calon Pelanggan Anda

Meskipun anda memiliki prospek yang besar, namun apalah artinya jika hanya sebatas tepian semata. Sekarang saatnya Anda harus secara strategis merencanakan bagaimana mendekati mereka.

Anda juga bisa menanyakan langsung kepada pelanggan untuk memantau perkembangan prospek dalam tempo waktu satu hari, satu minggu, satu bulan bahkan satu tahun. Hal ini bisa menjaga tujuan anda agar tetap dalam propek yang teukut.

3. Menjaga Tugas pada Tim Anda

Setelah tugas prospeksi telah dilakukan dan hubungan bisnis mulai terbentuk, ada baiknya untuk menindaklanjutinya. Bagi prospectors yang bekerja dengan tim, pelacakan data sangatlah penting.

Tim penjualan yang kompeten harus dapat melacak, dari mana prospek berasal, dan tahap apakah yang menjadi prospek dalam, dalam proses pembelian? Ini dan pertanyaan serupa lainnya harus dijawab, untuk melacak produktivitas dan efisiensi.

Jika ada informasi baru tentang prospek baru, maka itu bisa sangat membantu. Paling tidak, Anda dapat melihat di mana Anda berdiri sesuai dengan tujuan Anda. Plus, pelacakan ini dapat digunakan lebih jauh lagi, dalam meninjau kembali target dan rencana.

4. Lakukan Terus Menerus

Tidak ada keberhasilan yang bisa cepat diraih dalam pencarian calon pelanggan tetapi jika direncanakan dengan baik, dan kampanye tersebut disesuaikan dengan standar pelanggan ideal Anda, Anda dapat mengharapkan koneksi baru dan konversi penjualan secara reguler.

Untuk memastikan produktivitas yang konsisten, komunikasi dengan calon pelanggan harus dilakukan tanpa henti, tidak peduli hasilnya. Terkadang, hal itu bahkan harus dilakukan dengan lebih gigih, dalam menghadapi umpan balik negatif.

Seorang penjualan tahu bahwa penolakan merupakan bagian dari proses. Namun, seorang penjualan yang bijaksana juga tahu bahwa ini bisa dilakukan dari waktu ke waktu dengan pendekatan yang tepat. Prospek tersebut harus dilakukan secara teratur, dengan tetap mempertimbangkan tujuan akhir, dan tidak kehilangan kepercayaan dalam prosesnya.

5. Pelihara Hubungan

Ketika calon pelanggan mengarah pada hasil positif, maka sebaiknya Anda memanfaatkan sudut yang menguntungkan ini. Prospek ini bisa menjadi sumber penjualan lebih banyak, dan mudah-mudahan memimpin penjualan.

Pelanggan dapat terhubung ke pelanggan lain dengan demografi serupa, atau bahkan menjadi bagian dari organisasi yang melayani penjualan khusus ini. Mengembangkan kebiasaan memaksimalkan prospek secara teratur, memungkinkan prospectors menjamin bahwa jalan ini sepenuhnya dieksplorasi, dan tidak tersesat dalam panorama keseluruhan proses.

Membiarkan prospektor untuk menumbuhkan kebiasaan baik ini menjamin bahwa penjualan mengarah dihasilkan secara produktif, ditindaklanjuti, dan dikembangkan. Manajer yang tahu bagaimana menjadi sukses dalam penjualan memahami bahwa calon pelanggan merupakan inti tim penjualan yang sehat dan setiap orang harus melakukan pencarian.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini