Image

Beredar Isu Soetta Dijual, Menhub: Tidak Dijual, Cuma Kerjasama

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 13:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 320 1813731 beredar-isu-soetta-dijual-menhub-tidak-dijual-cuma-kerjasama-Hv32AVLgTe.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana untuk membuka pintu kepada swasta untuk mengelola berbagai proyek di Indonesia seperti bandara dan pelabuhan. Bahkan, beberapa dari proyek tersebut dilepas 100% kepada swasta.

Salah satu Bandar Udara Internasional yang dikabarkan akan diserahkan pengelolaanya kepada pihak swasta adalah Bandara Soekarno Hatta. Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membantah isu tersebut. Menurutnya, tidak ada keinginan pemerintah untuk menjual Bandara Soekarno-Hatta.

"Soetta tidak ada keinginan kita untuk menjual itu, tidak ada. Kalau pun ada kita kerjasama katakanlah kerjasama dengan kargo. Kargo pun lagi kita studi. Jadi orang kerjasama, enggak ada dijual," ujarnya di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (PAN RB)

Menurut Budi, seperti pada Bandar Udara Kualanamu serta kawasan ekonomi (KEK) khusus Mandalaika pemerintah selalu melakukan kerjasama terbatas bukan melakukan penjualan kepada pihak swasta.

"Kualanamu juga kerjasama bukan menjual. Kualanamu, Mandalika itu kerjasama terbatas, jadi tidak ada yang menjual. Apalagi pelabuhan itu juga kerjasama terbatas. Meski kita kerjasama dengan Pelindo I,II,III atau IV pun itu kerjasama terbatas, nanti asetnya ke kita," tukas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini