nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilih Beli Motor Baru atau Bekas?

Agregasi Sabtu 18 November 2017 22:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 17 320 1815949 pilih-beli-motor-baru-atau-bekas-JQUyYY0b9s.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Ingin punya motor? Tenang saja. Saat ini keinginan Anda dapat terwujud karena makin banyak dealer yang memperbolehkan Anda untuk mengambil kredit motor. Kredit ini tak hanya tersedia untuk motor baru, tetapi juga motor bekas.

Namun, Anda kerap kali dilanda dilema ketika hendak memutuskan apakah membeli motor baru atau bekas. Masalah harga menjadi hal pertama yang dipertimbangkan. Tentu saja harga motor baru lebih mahal ketimbang motor bekas. Anda yang minim modal sering kali berpikir kalau membeli motor bekas jauh lebih menguntungkan. Apakah benar demikian? Lihat beberapa pertimbangannya di bawah ini.

1. Beli Motor Baru

Tidak dapat dimungkiri, performa motor baru tentu lebih oke ketimbang performa motor lama. Mesin yang masih baru membuat perawatan motor baru lebih enteng. Namun, motor baru memiliki harga jual yang lebih tinggi ketimbang motor bekas. Inilah yang menjadi kendala utama mengapa banyak orang yang beralih ke motor bekas.

Bagi Anda yang masih bingung dan belum dapat memutuskan, berikut adalah kelebihan membeli motor baru yang perlu Anda ketahui.

• Mesin lebih oke. Ini sudah pasti. Sebab motor baru belum pernah dipakai. Bandingkan dengan motor lama yang sudah berulang kali dibawa ke bengkel dan mengalami perbaikan pada beberapa bagian.

• Menawarkan program asuransi. Motor baru juga dilengkapi dengan asuransi apabila Anda membelinya secara kredit. Asuransi yang dapat Anda klaim adalah total loss yang artinya Anda akan mendapatkan motor baru jika sewaktu-waktu motor hilang selama kredit berlangsung.

• Surat-surat langsung jadi. Jika ingin membeli motor baru, Anda cukup menyerahkan bukti identitas diri untuk dibuatkan status kepemilikan. Berbeda dengan motor bekas, Anda harus mengurus surat pemindahtanganan kepemilikan motor. Mengurus surat pindah tangan ini terbukti memakan waktu yang lumayan lama.

• Tidak ada kerusakan. Namanya juga motor baru pastilah belum ada kerusakan yang ditemui. Inilah yang menjadi kelebihannya. Anda tidak perlu khawatir jika baru saja memakai motor dua hari setelah pembelian. Sebab kerusakan sangat tidak mungkin terjadi, kecuali jika Anda mengalami kecelakaan.

• Test drive lebih enak. Sebelum membeli kendaraan, test drive adalah hal umum yang akan dilakukan. Test drive ini sendiri bertujuan untuk mengetahui apakah Anda cocok dan nyaman dengan kendaraan tersebut atau tidak. Jika Anda membeli motor baru, jelas saja test drive-nya lebih mulus dan enak. Sebab semua mesin juga masih baru, belum terjamah sama sekali

• Lebih banyak pilihan. Jika Anda ingin membeli motor baru, tentu ada banyak pilihan yang ditawarkan. Hal ini juga berlaku pada motor bekas. Hanya, jumlah pilihan pada motor baru lebih banyak ketimbang motor bekas

2. Beli Motor Bekas

Setelah mengetahui kelebihan membeli motor baru, Anda juga harus mengetahui apa saja kelebihan kalau membeli motor bekas. Berikut ini kelebihan membeli motor bekas.

• Lebih murah. Membeli motor bekas tentu saja lebih murah ketimbang membeli motor baru. Perbedaan harganya bisa mencapai dua kali lipat. Inilah mengapa banyak orang yang lebih memilih membeli motor bekas daripada motor baru.

• Bisa dicicil. Sudah murah, bisa dicicil juga. Inilah keunikan membeli motor bekas. Motor baru juga sebenarnya bisa dicicil. Cicilan motor bekas lebih kecil ketimbang motor baru/

Cash flow aman. Aliran rekening tabungan yang akan keluar tentu saja lebih sedikit. Jika Anda membeli motor baru, uang yang keluar bisa saja lebih dari Rp12 juta. Sementara membeli motor bekas hanya Rp6 jutaan. Dengan demikian, Anda dapat mengamankan cash flow atau menggunakan cash untuk kebutuhan lainnya.

• Modifikasi lebih enak. Bila tidak suka dengan tampilan motor bekas, Anda dapat melakukan modifikasi tanpa pertimbangan panjang. Berbeda dengan motor baru. Karena masih berstatus “baru”, Anda jadi tidak tega untuk mengutak-atik mesinnya.

Itulah kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika hendak membeli motor baru dan motor bekas. Motor baru ataupun bekas memiliki kelebihan yang berbeda. Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Berdasarkan uraian di atas, Anda lebih memilih beli motor baru atau bekas?

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini