nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.200 Pilot Nganggur, Menhub Soroti Kualitas Sekolah Penerbangan di Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 17:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 23 320 1819345 1-200-pilot-nganggur-menhub-soroti-kualitas-sekolah-penerbangan-di-indonesia-SIJNh4xuAx.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada 1.200 pilot yang belom mendapat pekerjaan alias menganggur saat ini. Kemenhub pun soroti kualitas dunia pendidikan terkait pilot.

Menteri Perhubungan Budi mengatakan, pihaknya tengah berusaha mencarikan pekerjaan untuk para pilot nganggur ini. Dengan melakukan seleksi kembali terhadap 1.200 pilot nganggur tersebut.

"Saya emang berusaha mengatur ini, jadi nanti dari 1.000 pilot akan di tes 200-300, saya didik kembali baru ditawarkan pada airlines," tuturnya di Stasiun Bandara Soetta, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Baca Juga: Terlalu Banyak Sekolah Penerbangan, Menhub: 1.200 Pilot Menganggur

Menurut dia, dari pilot nganggur ini memang ada problem dari sekolah-sekolah yang meluluskannya. Di mana, banyak sekolah yang ternyata kualifikasi tidak maksimal, sehingga secara kualitas pilot pun tidak maksimal.

"Jadi penerbangan mau memilih juga harus berfikir, karena itu kita tidak salahkan semua pihak, kita pilih 200, 300 terbaik dari seribu. Setelah itu, kita tes ke penerbangan. Kalau bagus bisa jalan," tuturnya.

 Baca Juga: Indonesia Masih Minim Pilot dan Teknisi Pesawat

Sebagai langkah ke depan atau supaya tidak ada lagi pilot nganggur, Budi Karya akan konsolidasikan sekolah pilot menjadi satu tapi berkualitas.

"Kita minta jumlah sekolah berkurang jadi separuh bisa berbagai cara, sehingga jumlah pengeluaran bisa diatur. Jadi ada uji kelayakan," tandasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini