Image

Menteri Keuangan Jepang: Bitcoin Tidak Kredibel untuk Jadi Mata Uang

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 13:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 20 320 1833298 menteri-keuangan-jepang-bitcoin-tidak-kredibel-untuk-jadi-mata-uang-QLFfA5qN73.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Keungan Jepang Taro Aso mengatakan bahwa bitcoin belum terbukti sebagai mata uang yang kredibel. Dia akan terus memantau perkembangannya dalam waktu dekat ini.

Dia menyampaikan pernyataan tersebut kepada wartawan saat ditanya mengenai pejabat Prancis yang akan mengusulkan sebuah diskusi mengenai pengaturan mata uang virtual pada pertemuan kelompok ekonomi utama G20 tahun depan.

“Tidak ada definisi pasti tentang apakah itu sebuah mata uang atau tidak. Masalah ini sulit,” kata Aso usai rapat kabinet.

“Ini belum terbukti cukup kredibel untuk menjadi mata uang, jadi saya perlu sedikit waktu untuk memantaunya lagi,” tambahnya.

Baca Juga: Coinbase Izinkan Transaksi Fisik, Harga Bitcoin Anjlok 12%

Dia menambahkan mata uang virtual mungkin banyak digunakan di negara-negara seperti China. Namun, mereka kurang terlihat umum di Jepang, di mana mata uang keras masih disukai.

Harga Bitcoin telah meningkat lebih dari 1.700% sejak awal tahun, memicu kekhawatiran tentang bualan.

Meski mendapatkan ‘durian runtuh’ dari Bitcoin, tapi miliarder ternyata tidak menyarankan Anda untuk berinvestasi di Bitcoin hari ini. Dalam blog milik Grant Sabatier, dia telah menerima lebih dari 100 email dari pembaca yang bertanya tentang investasi di bidang bitcoin dan kriptocurrencies lainnya. Meski demikian, dia tidak menyarankan Anda berinvestasi sepenuhnya dalam bitcoin hari ini.

Baca Juga: PPATK Endus Indikasi Pencucian Uang Lewat Bitcoin

Kenapa? Berikut adalah sederet alasan Grant tidak merekomendasikan koin digital ini sebagai investasi utama Anda. Sebab, cukup sulit dalam menentukan harga bitcoin.

Bitcoin adalah barang yang digemari oleh masyarakat global. Bahkan, tukang cukur yang tahu apa itu “blockchain” akan membelinya. Karena begitu banyak orang baru yang membelinya dan dengan waktu yang begitu cepat, tidak mungkin untuk menilainya secara akurat.

Bila harga berfluktuasi 20%-30% dalam satu hari, ini jelas merupakan hal yang tidak stabil, sehingga Anda bisa kehilangan semua uang Anda dengan sangat cepat. Apalagi, jika Anda membutuhkan uang Anda di tahun depan, jangan membeli bitcoin. Dengan fluktuasi jangka pendek yang gila, bitcoin adalah perjudian dalam jangka pendek, bukan sebuah investasi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini