Libur Akhir Tahun Menggiurkan, Persiapkan Tiket dan Kartu Kredit Anda

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 20 320 1833545 libur-akhir-tahun-menggiurkan-persiapkan-tiket-dan-kartu-kredit-anda-zBbSjJPetQ.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA – Hari libur Akhir tahun 2017 cukup menyenangkan, bagaimana tidak, Natal dan Tahun Baru berdempet dengan libur akhir pekan.

Banyak masyarakat akan melakukan liburan, baik di dalam maupun keluar kota. Namun, hati-hati keuangan Anda akan jebol. Maka dari itu, perlunya mengatur keuangan sangatlah penting.

Tentunya kita tidak ingin setelah liburan usai justru uang yang kita miliki malah habis. Apalagi liburan Natal dan Tahun Baru berdekatan, sehingga akan ada cuti panjang yang dapat digunakan untuk berlibur.

Libur panjang akhir tahun memang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun. Untuk itu, dari jauh-jauh hari karyawan sudah harus mengajukan cuti dan menganggarkan biaya yang akan digunakan selama liburan. Dengan gaji yang dimiliki tentunya, kita harus bisa mengatur secara cermat bagaimana membuat anggaran kebutuhan pribadi yang dapat mengatur seberapa besar pengeluaran kita.

Perencana Keuangan Mohamad Andoko menjelaskan, kita harus bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan pokok dan mana yang merupakan keinginan pribadi. Kita tidak bisa menjadikan itu sebagai satu kebutuhan, tapi harus membedakannya.

“Kebutuhan pokok kan terdiri dari uang transpor, uang makan yang harus dibedakan dengan keinginan seperti liburan,” ungkapnya saat kepada Okezone.

Menurutnya, jika ingin melakukan liburan, tentunya kita harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, apalagi jika yang diinginkan adalah berlibur ke luar negeri. Selain itu liburan juga harus disesuaikan dengan budget yang ada.

Lebih baik liburan di tempat yang dekat jika memang hanya memiliki uang yang terbatas. Namun, jika ingin bepergian ke luar negeri, persiapkanlah dari jangka waktu yang lama.

“Sekarang kan banyak tiket promo, beli tiket promo dari jauh-jauh hari. Jika ingin pergi tahun depan, cari tiket dari sekarang,” ujar Andoko.

Andoko menjelaskan sosial media membuat liburan sebagai gaya hidup yang harus dilakukan bagi masyarakat. Namun, sebaiknya tetap lakukan liburan sesuai dengan budget yang dimiliki, tidak memaksakan.

Selain itu menurut Andoko, kartu kredit hanyalah sebagai penunda cash flow, pada dasarnya kita akan tetap membayar biaya tersebut pada waktu yang telah ditentukan juga. Namun, dengan adanya kartu kredit dapat juga membantu kita dalam mengatur liburan, seperti memakai promo yang diberikan oleh kartu kredit itu sendiri.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini