Begini Cara Hemat Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 320 2206657 begini-cara-hemat-merayakan-hari-raya-idul-fitri-1q9994yc1K.jpg Trik Hemat (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 telah memukul sektor ekonomi Indonesia. Hal ini membuat semua pihak harus mengetatkan ikat pinggang. Bahkan beberapa perusahaan merumahkan karyawannya serta melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Lalu bagaimana mengeloa keuangan di tengah pandemi Covid-19?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini mengingatkan untuk menjaga likuiditas, artinya simpanan uang Anda saat ini perlu digunakan dengan bijak agar bisa bertahan lama dan tidak cepat habis. Sebab, belum ada yang bisa memastikan kapan masa pandemi ini akan berkahir.

 Baca Juga: Pengusaha Pemula Selalu Kena Masalah Keuangan, Kenapa?

"Gaji yang ada potong 10%-30%, masukkan ke tabungan untuk menambah dana bertahan hidup. Di sisi lain gaya hidup Anda benar-benar perlu dihemat, kurangi pengeluaran yang tidak primer," ujar dia kepada Okezone, Selasa (28/4/2020).

Kemudian, lanjut dia, bagaimana semua pihak bisa berhemat di saat Hari Raya tahun ini. Menurutnya utamakan bayar zakat, infaq dan sedekah.

Baca Juga: Punya Gaji Besar tapi Cepat Habis, Ini Penyebabnya

Dia menjelasakan pos pengeluaran hari raya yang lain bisa dihemat. Contohnya, kurangi belanja makanan khas hari raya, misalnya kue kering yang mahal mungkin tidak banyak belinya, cukup satu jenis saja yang Anda suka.

"Begitu juga dengan lauk pauk-nya, pilih salah satu daging atau ayam. Baju lebaran juga tidak harus baru, bisa mix match yang baru dengan yang lama akan lebih hemat. Tetap di rumah dan tidak mudik, selain menghemat biaya transportasi juga menjaga keselmatan diri anda sendiri dan keluarga sesuai anjuran pemerintah," tandas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini