Cara Membagi Gaji Sesuai Kebutuhan, Begini Hitung-hitungannya

Hansel Jevera, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 320 2178812 cara-membagi-gaji-sesuai-kebutuhan-begini-hitung-hitungannya-m3YZGyB233.jpeg Gaji (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA – Pendapatan bulanan alias gaji kerap habis sebelum waktunya jika tidak dialokasikan dengan benar. Hal ini yang memicu seseorang untuk berutang akibat penghasilannya tidak cukup.

Sebetulnya tidak ada pakem khusus mengenai bagaimana prosentasi yang tepat untuk membagi-bagi uang gaji, agar bisa memenuhi kebutuhan kita. Tapi, ada patokan dari Forbes yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mengalokasikan uang gaji Anda.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Melansir buku ’10 Langkah menjadi Financial Planner untuk Diri Sendiri’ karya Lutfi Trisandi Rizki dan IIn Susanto, untuk para first jobber yang mungkin masih bingung, karena galau antara ingin membeli ini dan itu tapi juga khawatir duitnya nggak cukup, mungkin bisa menggunakannya. Berikut tips agar gaji tak habis begitu saja:

a. Kebutuhan rumah tangga ( termasuk uang kos atau kontrak rumah) : 25%

b. Transportasi : 10%

c. Makan : 15%

d. Kebutuhan pribadi (termasuk pakaian) : 10%

e. Dana darurat : 5%

f. Asuransi : 10%

g. Investasi : 5%

h. Tabungan : 5%

i. Kredit : 10%

j. Hiburan : 5%

k. Total : 100%

Baca Juga: Cara Mengelola Gaji Besar untuk Para Fresh Graduate

Sekali lagi, persentase itu hanya patokan, khususnya untuk Anda yang masih bingung mengenai masalah pengalokasian uang gaji. Tidak ada kewajiban untuk mengikutinya. Anda juga bisa membuat persentasi sendiri. Yang pasti, sekali Anda membuat alokasi dana itu, langsung tanamkan dalam diri untuk disiplin melakukannya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini