nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TIPS KARIER: Jangan Takut Salah Ketika Mulai Berkarier

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Minggu 24 Desember 2017 23:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 22 320 1834607 tips-karier-jangan-takut-salah-ketika-mulai-berkarier-HmMceqmZI8.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menyusun karier impian dan strategi untuk mencapainya merupakan hal yang sangat penting. Dengan hal ini, nantinya Anda tidak perlu lagi melihat ke belakang untuk merenungi perjalanan yang telah Anda lalui. Dengan merencanakan karier serta strateginya, Anda akan terbantu dalam mempertimbangkan tawaran magang dan kerja yang tersedia. Manfaatkan juga kesempatan ini untuk mempelajari banyak hal dan membangun koneksi yang kuat.

Perjalanan Karier

Dengan terus mengeksplor karier Anda, membuat Anda dapat melihat perjalanan karier Anda. Memulainya dari posisi bawah hingga berada di posisi atas seperti eksekutif atau pemilik. Jika Anda menunggu sampai Anda berada di posisi atas untuk mengubah karier Anda, hal ini hanya akan membuat Anda harus memulainya dari posisi yang lebih rendah atau bahkan membayarnya jika tidak memiliki keahlian dan pengalaman khusus dalam industri itu. Jika Anda masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, dengan merencanakan karier, akan membantu Anda dalam memilih pekerjaan atau tempat magang yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda dambakan di masa depan.

Jangan Terbatas dengan Keadaan

Para pekerja yang masih muda, terutama mereka yang masih lajang, belum memiliki beban finanasial yang besar. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk pindah ke negara lain yang akan membantu Anda naik jabatan. Tidak masalah jika Anda harus bekerja dengan gaji yang kecil, lembur, dan masuk setiap hari, tetapi sebagai gantinya Anda akan mendapat pengalaman yang akan memperbaiki resume Anda.

Latih dan Pelajari Kesempatan yang Datang

Semakin cepat Anda mengembangkan kemampuan Anda, akan semakin baik. Beberapa profesi memberi penghargaan kepada pekerja yang mendapatkan lisensi atau sertifikat yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memperolehnya.

Biasanya, perusahaan lebih mengutamakan dan memilih untuk melatih pekerja muda dibanding mereka harus melatih pekerja yang sudah tua. Maka, jika Anda sudah benar-benar yakin dengan suatu pekerjaan, cobalah untuk mempersiapkannya. Misalnya pekerjaan yang Anda dambakan membutuhkan kemampuan tertentu seperti perangkat lunak atau keterampilan tertentu lainnya, cobalah untuk menguasainya mulai dari sekarang. Dengan mempersiapkannya, Anda akan siap dengan bekal yang Anda miliki ketika pekerjaan tersebut terbuka untuk Anda.

Tidak hanya itu, ketika Anda sudah mengetahui pekerjaan apa yang benar-benar Anda inginkan sejak Anda duduk di perguruan tinggi, akan sangat membantu karena Anda dapat memilih untuk memprioritaskan kelas tertentu guna menunjang karier impian Anda.

Koneksi

Orang-orang yang sudah senior akan lebih baik ketika menyampaikan informasi mengenai karier. Mereka juga akan bersedia membantu Anda jika mereka merasa Anda tidak dalam posisi untuk merebut pekerjaan mereka. maka, cobalah untuk meminta interview yang tidak formal seperti makan siang bersama atau bermentor dengan orang-orang yang berada di lapangan yang ingin Anda geluti nantinya.

Pulih dari Kesalahan

Orang sukses selalu belajar dari kesalahan mereka. Jika Anda membuat kesalahan pada ketika Anda baru memulai kerja dan masih berada di posisi bawah, ini akan lebih baik karena tidak terlalu fatal. Kesalahan Anda juga mungkin akan dilupakan dalam beberapa tahun ketika Anda sudah siap untuk naik jabatan. Tidak hanya itu, kesalahan juga membuat Anda lebih berpengalaman dan Anda akan semakin dikenal jika Anda melakukan lebih sedikit kesalahan dan melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini