5 Cara Habiskan Hari Libur Tanpa Keluar Uang Banyak

Anisa Anindita, Jurnalis · Selasa 26 Desember 2017 06:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 23 320 1835124 5-cara-habiskan-hari-libur-tanpa-keluar-uang-banyak-osSOBMe8jB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Banyak cara melepaskan penat dari rutinitas perkuliahan. Entah berlibur ataupun sekadar bersantai dengan orang-orang tercinta di rumah. Salah satunya adalah berlibur untuk melepas penat mereka setelah bekerja untuk waktu yang lama.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengungkapkan, untuk berlibur tidak perlu memaksakan dengan momen-momen tertentu, yang akhirnya malah membuat harga liburan tersebut menjadi mahal. Akibatnya, jika tidak sesuai budget malah akan membuat kantong Anda jebol.

“Bahayanya adalah akan membuat kita jadi berutang ataupun merelakan ada kebutuhan lain yang lebih penting jadi tidak terpenuhi,” ungkapnya kepada Okezone.

Meskipun begitu, Andi memberikan tips agar liburan tidak melulu soal bepergian ke luar kota atau bahkan keluar negeri. Ada beberpaa cara liburan yang justru bermanfaat. Pertama, coba tengok lemari baju, dan meja belajar.

Pastinya, banyak buku pelajaran dan pakaian yang sudah tidak terpakai lagi. Coba saja untuk memilah-milah semua barang yang tidak digunakan lagi, tetapi masih layak pakai kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Cara kedua ialah, coba untuk mengutak atik kamar. Bisa diawali dengan mengubah posisi tempat tidur, lemari pakaian, dan meja belajar. Jika sempit, bukan berarti tidak bisa membuat kamarmu senyaman mungkin. Dibutuhkan kreativitas untuk menyiasati ruangan.

“Setelah membersihkan lemari, dan meja. Pasti terpikirkan untuk mengubah posisi barang yang ada di kamar. Dengan mengubah kamar, akan memberikan atmosfer baru,” tambahnya.

Lalu yang ketiga, liburan tidak selalu mengeluarkan budget, malah justru dapat menambah keuangan kita. Dimulai dengan mencari info mengenai pekerja paruh waktu di restoran cepat saji, media massa, atau perusahaan. “Jika diterima, Anda bisa mengenal dunia kerja. Selain itu, pengalaman ini bisa menjadi salah satu cara menyusun rencana hidup,” ucapnya.

Kemudian yang keempat, adakan reuni dengan teman lama yang sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak bertemu. Jadikan momentum tersebut untuk bertukar pikiran dan pengalaman. “Kesibukan membuat jarak dan waktu dengan teman-teman lama. Tidak ada salahnya untuk ajak berkumpul lagi dengan kawan-kawan lama, di rumah atau di taman,” jelasnya.

Selain itu yang kelima, akhir tahun bukan hanya diisi dengan kegiatan berlibur, melainkan juga harus melakukan perbaikan diri. Melakukannya dengan merenungkan perjalanan hidup Anda, rencanakan target ke depannya, dan cara untuk mencapai target tersebut. “Cara terakhir ini perlu dilakukan untuk merenungkan perjalanan hidupmu. Lalu realisasikan target dan raih cita-citamu,” tegasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini