Share

Lewat Instagram, Sri Mulyani Promosikan Program UMi

Lusia Widhi Pratiwi, Okezone · Jum'at 05 Januari 2018 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 05 320 1840407 lewat-instagram-sri-mulyani-promosikan-program-umi-TjpI8UDZty.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyaksikan langsung penyaluran program kedit Ultra Mikro (UMi) dan sekaligus melakukan dialog dengan Nasabah Pembiayaan UMi Kota Malang di halaman depan Pasar Besar Kota Malang.

Melalui akun instagram pribadi miliknya @smindrawati, Sri Mulyani mengatakan banyak masyarakat yang menjual ayam, sandal, es degan membutuhkan dana sekira Rp3 juta-Rp10 juta untuk empat sampai lima bulan.

Menurut Sri Mulyani, mereka selama ini belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Oleh karena itu, pemerintah pun memberikan Umi dengan pembiayaan paling banyak sebesar Rp10 juta per nasabah, untuk menyukseskan agar program-program pemerintah bersinergi dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.

Berikut adalah postingan Instgram Sri Mulyani lewat akun pribadinya:

Hari Kamis 4 Januari 2018, saya senang bisa hadir menyaksikan sendiri penyaluran program kredit Ultra Mikro (UMi) dan sekaligus berdialog dengan Nasabah Pembiayaan UMi Kota Malang di halaman depan Pasar Besar Kota Malang.

Pembiayaan UMi merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah. Mereka selama ini belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemberian untuk UMi berupa bantuan pembiayaan paling banyak Rp 10 juta per nasabah.

Pembiayaan UMi bertujuan agar program-program pemerintah bersinergi dalam pemberdayaan ekonomi rakyat. Terima kasih kepada Koperasi Sidogiri dan PT. Pegadaian, yang telah menyerahkan pinjaman usaha mikro kali ini.

Saya melihat ada yang jual ayam, ada yang jualan sendal, ada yang jualan es degan. Mereka butuhnya sekitar 5 juta, maksimum 10 juta, bahkan ada yang 3 juta, pinjamnya bisa 4-5 bulan.

Sebelum acara dimulai, saya juga menyempatkan diri berbincang dengan beberapa pedagang di Pasar Besar Kota Malang.

Melalui UMi, negara hadir secara langsung kepada masyarakat yang ingin melakukan usaha kecil dan menengah. Kesempatan untuk melakukan wirausaha masih sangat luas sehingga diharapkan pengusaha ini dapat berkembang sejalan dengan stabilitas ekonomi dan fiskal di Indonesia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini