nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Hoax CPNS 2018, Kemenpan RB Koordinasi dengan Kepolisian

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 14:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 13 320 1844473 antisipasi-hoax-cpns-2018-kemenpan-rb-koordinasi-dengan-kepolisian-pvwLC1houB.jpg (Foto: Setkab)

JAKARTA – Rencana pembukaan kembali penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilakukan pada 2018 ini. Namun, proses penerimaan belum dibuka, sudah banyak terjadi penipuan dan pembohongan, seperti beredarnya hoax mengenai rekrutmen dan soal tes CPNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, masyarakat harus bias menyaring informasi yang masuk. Dirinya berharap agar masyarakat tidak langsung mempercayai kabar yang beredar mengenai CPNS.

Dia juga mengatakan akan melakuakan penanganan lanjut terhadap beredarnya penipuan yang ada terkait dengan CPNS. Untuk mengantisipasinya, dia mengatakan bahwa pihaknya tengah berkoordinasi dengan kepolisian.

“Untuk langkah antisipatif, saat ini kami sedang berkoordinasi dengan pihak Kepolisian," ujar Herman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/1/2017).

Tidak hanya itu, dia juga menjelaskan bahwa biasanya penipuan yang terjadi dilakukan untuk menawarkan jasa latihan soal CPNS. Maka dirinya menghimbau agar masyarakat tidak termakan dengan skema bisnis dengan cara penipuan ini.

Baca juga:

35 Kementerian Lembaga Belum Kumpulkan NIP CPNS 2017, Ini Daftarnya!

Menpan RB: Lulusan STAN Akan Disebar ke Seluruh Kementerian dan Daerah


“Berdasarkan pengalaman, patut diduga beredarnya hoax tersebut muaranya ke penipuan atau motif bisnis menawarkan jasa latihan soal CPNS,” tukasnya.

Sebelumnya, Herman juga mengatakan agar masyarakat melakukan konfirmasi terhadap informasi yang didapat pada portal resmi. Hal ini karena portal resmi seluruh informasinya didapat dari penyelenggara.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini