Sikap Keliru Pengguna Kartu Kredit yang Umum Dilakukan

Agregasi Minggu 14 Januari 2018 14:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 13 320 1844609 sikap-keliru-pengguna-kartu-kredit-yang-umum-dilakukan-7SpgcsNk1n.jpg

JAKARTA - Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, tentunya setiap orang menginginkan sesuatu yang praktis dalam segala bidang, termasuk dalam masalah pembayaran. Hal ini terbukti dengan adanya uang elektronik sebagai alat pembayaran, seperti kartu kredit, kartu debit, dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya uang elektronik tersebut, tentunya Anda tak perlu kerepotan untuk membawa uang dalam jumlah yang banyak ketika melakukan transaksi pembayaran. Cukup dengan membawa satu kartu saja, Anda bisa melakukan beragam transaksi dengan mudah.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, kartu debit dan kartu kredit memiliki perbedaan yang signifikan. Kartu debit sebenarnya sama saja dengan uang tunai, hanya saja uang tunai tersebut disimpan dalam rekening tabungan Anda.

Sementara kartu kredit adalah metode pembayaran modern sekaligus bersifat sebagai pinjaman yang nantinya dapat dibayarkan dengan metode cicilan setiap bulannya. Tak heran jika banyak orang yang tertarik menggunakan kartu kredit karena banyaknya manfaat yang didapatkan.

Namun, di balik kemudahannya tersebut, ada beberapa kekurangan yang dimiliki kartu kredit. Apalagi jika penggunaannya tidak bijak dalam memanfaatkan kartu kredit, tentu saja malah akan menyebabkan kerugian nantinya. Kesalahan-kesalahan berikut ini sering kali dilakukan pemilik kartu kredit yang dapat menyebabkan kerugian.

1. Menggunakan Kartu Kredit Layaknya Kartu Debit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kartu debit sangatlah berbeda dengan kartu kredit. Namun, banyak orang yang terkadang menggunakan kartu kredit selayaknya kartu debit. Banyak yang menganggap jika kartu kredit akan terus memberikan uang yang mana dapat digunakan untuk ke depannya.

Berbeda dengan kartu debit yang mana memang dapat digunakan sesuai dengan saldo yang Anda miliki dalam rekening. Ketika menggunakan kartu debit, Anda tidak dibebankan bunga atas penggunaannya karena hanya akan mengurangi saldo rekening. Namun, jika Anda menggunakan kartu kredit, hal ini sama saja artinya dengan meminjam yang akan dikenai beban bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya.

2. Membayar Utang Menggunakan Kartu Kredit

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan pengguna kartu kredit adalah membayar utang dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini bukannya mengurangi jumlah utang, tapi malah menambah jumlah utang yang Anda miliki.

Kartu kredit dapat dikatakan sebagai pinjaman tanpa agunan. Karena itu, pinjaman ini akan membebankan bunga yang lebih tinggi dibandingkan jenis pinjaman dengan menggunakan agunan. Nilai utang Anda akan lebih meningkat setiap waktunya. Untuk itu, hindari untuk menggunakan kartu kredit untuk pembayaran utang.

3. Memiliki Banyak Kartu Kredit

Kartu kredit memang sangat bermanfaat, apalagi dalam kondisi mendesak. Namun, bukan berarti Anda harus memiliki banyak kartu kredit. Memiliki banyak kartu kredit sama saja dengan membuat utang semakin banyak.

Hal ini karena dorongan menggunakan kartu kredit semakin besar saat memiliki lebih dari satu. Apalagi setiap bank memiliki promonya masing-masing sehingga sering kali membuat Anda tergoda untuk menggunakannya.

4. Menganggap Sebagai Uang Tambahan

Banyak orang yang menganggap jika kartu kredit adalah uang tambahan. Hal ini sebenarnya salah besar sehingga menyebabkan kartu kredit digunakan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini sebenarnya tidak salah asalkan Anda mengetahui batasan yang jelas tentang nominal yang harus digunakan.

Dengan demikian, nantinya pembayaran tagihan akan lancar-lancar saja. Namun, jika Anda tidak memiliki perencanaan yang matang, tagihan akan membengkak dan membuat Anda sulit untuk melunasi tagihan tersebut.

5. Hanya Membayar Cicilan Minimum

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan pemilik kartu kredit adalah membayar tagihan dengan cicilan yang minimum. Padahal, hal ini akan memperberat tagihan yang akan membuat utang semakin menumpuk.

Usahakan untuk bisa membayar tagihan sesuai dengan tagihan kartu kredit atau setidaknya bayarlah 50% dari jumlah tagihan tersebut. Kebiasaan membayar minimum payment hanya akan memberatkan tagihan berikutnya karena sistem bunga terus berjalan setiap waktu.

Gunakan dengan Bijak

Kartu kredit memang memberikan banyak manfaat untuk Anda asalkan digunakan dengan bijak. Gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebih ataupun melewati batas yang sudah ditentukan. Kebiasaan-kebiasaan buruk hanya akan merugikan Anda ke depannya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini