Image

China Berencana Kontrol Peredaran Bitcoin di Semua Web dan Aplikasi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 11:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 16 278 1845605 china-berencana-kontrol-peredaran-bitcoin-di-semua-web-dan-aplikasi-YCupBnHPNH.jpg Ilustrasi Bitcoin. (Foto: Shutterstock)

BEIJING - Mata uang kripto nampaknya mendapatkan angin segar dari pemerintah China. Pasalnya, Beijing berencana untuk memblokir akses domestik ke platform kriptocurrency dan blockchain China, dan akan membuat perdagangan yang terpusat.

Melansir CNBC, Rabu (16/1/2018) China pun menargetkan situs web dan aplikasi seluler yang menawarkan layanan seperti kriptocurrency exchange tersebut. Otoritas China pun berencana menyediakan layanan pembuatan, penyelesaian dan kliring pasar untuk perdagangan yang terpusat.

Negara ini mengejutkan dunia mata uang digital pada 2017, ketika mereka memilih melarang penawaran koin awal (initial coin offering/ICO), sarana untuk mengumpulkan dana dengan menjual kripto-kripto-baru, dan menutup pertukaran kripto di ranah domestik.

Pekan lalu, mata uang digital utama turun setelah laporan Korea Selatan melarang perdagangan kriptocurrency melalui bursa muncul. Bitcoin melakukan pemulihan pada hari Senin, dan diperdagangkan 4,78% lebih tinggi di CoinDesk sebesar USD14.269,80 koin.

Indeks harga bitcoin CoinDesk melacak harga dari pertukaran mata uang digital Bitstamp, Coinbase, itBit dan Bitfinex.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini