nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Pemberian Sertifikat Tanah Menghindari Konflik

ant, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 16:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 22 470 1848547 jokowi-pemberian-sertifikat-tanah-menghindari-konflik-IvN2XbSLBM.jpg Sumber Foto: Setkab

PALEMBANG  - Presiden Joko Widodo menyatakan pemberian sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat sebagai bukti hak kepemilikan, sekaligus menghindari terjadinya penguasaan lahan masyarakat.

"Pemberian sertifikat tanah untuk masyarakat ini sebagai bukti kuat atas hak kepemilikan. Oleh karena itu sertifikat yang diberikan harus dijaga dan disimpan dengan baik," kata Presiden pada saat membagikan ribuan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat Sumatera Selatan di Palembang, Senin (22/1/2018).

Jadi, kata Presiden dengan adanya sertifikat itu maka hak kepemilikan tanah masyarakat sudah kuat.

Baca Juga: Tanah Sengketa hingga Pemilik Tidak di Tempat Jadi Hambatan Sertifikasi Lahan

"Bagi masyarakat yang telah memiliki sertifikat tanah hendaknya di foto copy agar aman. Bila perlu disimpan dalam plastik sehingga bila kena air tidak rusak," ujar dia.

Bahkan katanya, jika sertifikat itu hilang mudah mengurusnya ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Baca Juga: Sofyan Djalil: Insya Allah 2023 Semua Tanah Tersertifikat
 
Pemerintah pada tahun ini menargetkan akan merealisasikan sekitar 7 juta sertifikat tanah masyarakat di Indonesia sehingga perlu disukseskan bersama, kata Kepala Negara.

Untuk diketahui, Jokowimenyerahkan ribuan sertifikat tanah untuk warga di Provinsi Sumatera Selatan, termasuk setifikat tanah waqaf untuk rumah ibadah di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) pada hari ini.

Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah itu kepada 12 orang perwakilan penerima.

Dalam kesempatan itu Presiden menyerahkan 5.534 sertifikat tanah kepada warga dan 505 sertifikat tanah waqaf untuk rumah ibadah. Peserta yang hadir sekitar 4.000 orang selain ada yang berhalangan hadir juga karena ada sejumlah warga yang memiliki sertifikat lebih dari satu.

 Baca juga: Tanah Sengketa hingga Pemilik Tidak di Tempat Jadi Hambatan Sertifikasi Lahan

Jokowi menyebutkan tahun 2017 target 5 juta sertifikat sudah tercapai dan tahun 2018 ditargetkan mencapai tujuh juta sertifikat dan tahun 2019 sebanyak 9 juta sertifikat.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini