nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin Minta BP Batam Genjot Sektor Pariwisata

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 20:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 23 320 1849267 menko-darmin-minta-bp-batam-genjot-sektor-pariwisata-ijM43zUdNA.jpg Foto: Giri/Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution melantik Mayor Jenderal TNI Eko Budi Soepriyatno sebagai Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam. Dengan pelantikan ini , maka lengkap sudah susunan pimpinan BP Batam. 

Oleh karenanya, dirinya meminta kepada seluruh pimpinan dan staf BP Batam untuk menggenjot kinerja agar bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Tak tanggung-tanggung, Darmin menargetkan pertumbuhan ekonomi di Batam bisa mencapai 7% setelah dilakukan pelantikan pejabat BP Batam ini. 

Baca Juga: Menko Darmin Lantik Eko Budi Soepriyatno Jadi Deputi BP Batam

"Saya optimis dengan kepemimpinan BP Batam sekarang bisa menunjukkan yang lebih baik dan target dalam dua tahun akan bisa dicapai pertumbuhan 7% di ekonomi BP Batam," ujarnya dalam acara pelantikan di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Untuk mendorong target tersebut, Menko Darmin meminta agar BP Batam mendorong investasi yang ada di Batam. Misalnya dengan cara mengundang sekaligus melayani siapa pun investor baik lokal maupun asing yang ingin berinvestasi di Batam. 

Baca Juga: MoU, Kemenhub dan BP Batam Bagi Tugas Kelola Kawasan Perdagangan Bebas

"Jadi saya betul-betul mengesampingkan kepada BP Batam sepakat bahwa yang tinggi ruang perbaikan yang besar tetapi itu hanya bisa dicapai dengan kerjasama yang baik dan kemampuan untuk mengajak dan menarik investor masuk ataupun juga BP Batam kalau mau lebih cepat harus mengundang investor masuk," jelasnya. 

Lebih lanjut, Menko Darmin juga meminta kepada BP Batam untuk memanfaatkan industri digital. Apalagi saat ini mulai bermunculan para perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia. 

"Di masa ekonomi digital e-commerce dan sebagainya sudah semakin berkembang dengan pesat tentu Batam juga bisa memanfaatkan perkembangan ini untuk menggerakkan ekonomi di Batam," jelasnya. 

Baca Juga: Duh! Daya Tarik Batam Merosot, Investor pun 'Berlarian'

Di sisi lain, BP Batam juga diminta untuk menggenjot sektor pariwisata di BP Batam. Karena sektor pariwisata di Batam dinilai sangat potensial apalagi letaknya yang berdekatan dengan negara-negara tetangga. 

Belum lagi, aksesbilitas untuk masuk ke Batam juga terbilang cukup mudah dan banyak pilihan transportasi. Karena Batam memiliki Bandara yang bertaraf Internasional serta pelabuhan yang mendukung. 

"Tidak lupa juga sektor yang mungkin relatif lebih cepat di dorong yaitu pariwisata. Batam punya berbagai kelebihan dia punya infrastruktur macam-macam sudah ada sehingga tinggal bagaimana memanfaatkannya sehingga infrastruktur itu bisa menjadi tempat tumpuan dari berbagai kegiatan," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini