nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selangkah Lagi Saham PGN Beralih ke Pertamina

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 17:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 25 278 1850196 sah-saham-pgn-dikuasai-pertamina-usai-rupslb-4FN1iQaZrH.jpg Ilustrasi Tambang. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Hasilnya seluruh pemegang saham Perusahaan Gas Negara (PGN) menyetujui perubahan anggaran dasar perusahaan.

"Tadi teman-teman bisa dengar bahwa putusan RUPS itu sudah disetujui sekitar 77,8% dari yang hadir sehingga korum sah merubah anggaran dasar," tutur Sekertaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Dia mengatakan, RUPSLB yang dihelat hari ini sesuai dengan araran Kementerian BUMN dengan surat bernomor 682-/MBU/11/2017 tanggal 28 November 2017. Pembahasan perubahan anggaran dasar perseroan perlu dilakukan agar rencana pemerintah membentuk holding migas terwujud.

Baca Juga: Menakar Saham PGN ketika Holding BUMN Migas Rampung

"Pemerintah pun mengalihkan seluruh saham Seri B milik negara di PGN menjadi setoran modal pada Pertamina," tuturnya.

Dengan pengalihan saham Seri B tersebut, dia melanjutkan, maka Pertamina akan menjadi induk usaha, sedangkan PGN menjadi anak perusahaan Pertamina. Sementara itu, anak usaha Pertamina yang memiliki kegiatan usaha sejenis dengan PGN yaitu PT Pertagas akan dialihkan kepemilikannya ke PGN.

"Pengalihan kepemelikan Pertagas kepada PGN ini menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam rencana pembentukan holding migas sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah," tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini