nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Holding Migas, Saham PGN Dijamin Tak Terdilusi

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 18:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 25 320 1850254 jadi-holding-tambang-saham-pgn-dijamin-tak-terdilusi-mbDd0daeYa.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjamin pengalihan seluruh saham Seri B milik negara di Perusahaan Gas Negara (PGN) menjadi setoran modal pada Pertamina sebagai induk Holdoing BUMN Migas. Namun, hal tersebut tidak akan menurunkan persentase kepemilikan dari pemegang saham (dilusi).

"Tidak ada perusahan apapun saat ini. Waktu ada pengalihan saham, perusahaan publik itu tetap tidak berubah," tegas Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Menurut Fajar, yang berubah hanya saham yang tadinya milik negara di PGN menjadi punya Pertamina. Sementara itu, Sekertaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menambahkan, pengalihan saham Seri B tersebut, maka Pertamina akan menjadi induk usaha, sedangkan PGN menjadi anak perusahaan Pertamina.

Baca Juga: Menakar Saham PGN ketika Holding BUMN Migas Rampung

Sementara itu, anak usaha Pertamina yang memiliki kegiatan usaha sejenis dengan PGN yaitu PT Pertagas akan dialihkan kepemilikannya ke PGN.

"Pengalihan kepemelikan Pertagas kepada PGN ini menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam rencana pembentukan holding migas sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah," tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini