nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investor Asia Kepincut Tanam Modal di Gula Aren hingga Karet

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 20:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 05 320 1855138 investor-asia-kepincut-tanam-modal-di-gula-aren-hingga-karet-QLjJzCL5AG.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah mendorong masuknya investasi asing ke Indonesia. Berbagai kemudahan dan pemangkasan aturan yang menghambat telah dilakukan.

Sebab, investasi akan menjadi andalan pertumbuhan ekonomi di masa sekarang ini.

Untuk itu, pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan pada tahun 2020 akan menyelesaikan program pengembangan tiga industri penopang perekonomian masyarakat yaitu industri karet, keramik dan gula aren. 

Saat ini pihaknya sudah mempelajari semua potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di wilayah Kabupaten Balangan dan memastikan ketiga industri tersebut sangat mungkin untuk dikembangkan .  

Baca: Sulit Andalkan APBN, Green Bonds Bisa Jadi Solusi Pendanaan Proyek Infrastruktur

Staf Khusus Bupati Balangan Hasyim Arsal Alhabsi mengatakan, pihaknya sudah melakukan penelitian yang cukup untuk memutuskan industri apa saja yang akan mendapatkan prioritas untuk dikembangkan.

“Kami sudah mempelajari secara memadai potensi wilayan Kabupaten Balangan dan akan segera mengundang investor asing untuk masuk dan menanamkan modalnya untuk pengembangan tiga industri yang menjadi kekuatan masyarakat Balangan yakni karet, keramik, dan gula aren,”  kata Hasyim Arsal Alhabsi di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Hasyim  menambahkan, pihaknya sudah melakukan pendekatan dan penjajakan dengan  investor di Asia dan investor tersebut memperlihatkan antusiasme untuk segera menanamkan modalnya di Balangan. 

Baca Juga: Misi Jokowi Buka Jalan Investasi ke Indo-Pasifik Selama Sepekan

“Pembangunan fisik di Balangan akan menjadi mercusuar untuk daerah Kalimantan, bahkan di Indonesia mengingat potensi Balangan sangat besar dan karakter masyarakatnya kuat untuk melakukan pembangunan yang hebat di tahun-tahun ke depan,” ujar Hasyim.

Hasyim  menegaskan, pembangunan fisik dan infrastruktur yang akan menjadi program kerja hingga tahun 2020 juga meliputi didirikannya stadion mini bertaraf internasional untuk memfasilitasi dan mendukung atlet-atlet berprestasi yang dilahirkan oleh masyarakat Balangan.

“Kabupaten Balangan memiliki Bupati dan sumber daya manusia yang maju, modern dan semangat yang tinggi untuk membangun daerahnya," jelasnya.

Baca Juga: China Siap Investasi di Medan

Bupati Balangan Ansharuddin menambahkan, pengembangan industri karet, keramik dan gula aren diyakini akan mengangkat kualitas hidup masyarakat Balangan karena pembangunan seperti itu akan menyerap tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Salah satu fokus kepemimpinan saya adalah bagaimana mensejahterakan masyarakat dan memperbaiki mutu sumber daya manusia melalui program pembangunan yang bukan hanya fisik atau infrastruktur melainkan juga spiritual melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.   Sejauh ini dapat dirasakan, kehidupan antarumat beragama di Balangan berlangsung sangat harmonis di mana masyarakat dari semua agama dapat hidup berdampingan dengan damai,” kata Bupati Ansharuddin.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini