Bagaimana Bisnis Startup Bisa Sukses? Inilah Kuncinya

Agregasi Minggu 04 Maret 2018 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 320 1867147 bagaimana-bisnis-startup-bisa-sukses-inilah-kuncinya-bwfoRxFEnN.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Saat ini banyak sekali pebisnis-pebisnis muda yang mengembangkan bisnis startup. Bisnis startup adalah bisnis yang mengaplikasikan inovasi-inovasi teknologi di dalamnya. Meskipun begitu, membangun bisnis startup sama halnya dengan membangun bisnis-bisnis lainnya. Bisa saja Anda gagal ataupun berjalan dengan sukses.

Setiap pebisnis tentunya menginginkan kesuksesan dalam bisnis yang dijalankannya. Bagi Anda yang menjalankan bisnis startup, hal-hal di bawah ini perlu Anda perhatikan demi mencapai kesuksesan dalam bisnis startup. Apa saja hal-hal tersebut?

1. Ide Bisnis

Sama halnya dengan bisnis lainnya, bisnis startup juga membutuhkan ide sebagai modal awal mengembangkan bisnis startup yang dijalankan. Ide ini nantinya akan mendasari Anda untuk menamakan sebuah brand perusahaan.

Bahkan, dari penelitian yang ada, ide akan sangat memengaruhi kesuksesan perusahaan sekitar 24%. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis startup, pertimbangkan dengan baik ide apa yang akan pilih untuk bisnis Anda. Pastikan jika ide tersebut akan sangat bermanfaat untuk banyak orang karena itulah tujuan dari bisnis startup.

2. Kerja Sama Tim

Faktor lainnya yeng menentukan kesuksesan bisnis startup adalah kemampuan dan kualitas dari tim yang yang bekerja sama. Kualitas dari sebuah tim tersebut dapat terlihat dari kemampuannya dalam beradaptasi dengan konsumen-konsumen di pasaran.

Bahkan, kualitas dari tim yang dibesut ini dapat memengaruhi hingga 32% kesuksesan dalam sebuah bisnis startup. Untuk itulah, pertimbangkan dengan baik dan matang pemilihan tim yang Anda akan bangun karena hal tersebut akan secara tidak langsung memengaruhi kondisi perusahaan.

3. Bidang yang Dipilih dalam Bisnis

Bidang bisnis yang dijalankan juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan dari bisnis startup yang Anda jalankan. Bahkan, pengaruh tersebut dapat mencapai 24%.

Bidang bisnis ini dianggap sebagai sebuah hal yang penting karena nantinya akan memberikan gambaran terkait hal ataupun langkah yang perlu dilakukan perusahaan untuk mencapai keuntungan dan kesuksesan.

4. Modal Bisnis yang Tersedia

Bagi sebuah bisnis apa pun itu, modal yang tersedia menjadi faktor yang cukup krusial dalam kesuksesan perusahaan, termasuk bisnis startup. Namun, meskipun cukup penting, modal bisnis hanya akan memengaruhi tingkat kesuksesan perusahaan sekitar 14%.

Hal ini dapat terbukti dengan banyaknya perusahaan startup yang masih mengalami kegagalan meskipun dana ataupun modal yang dimiliki cukup besar.

5. Momentum

Faktor yang tak terduga yang mana berpengaruh cukup penting dalam kesuksesan sebuah bisnis startup adalah momemntum. Sebuah perusahaan startup dapat berkembang sukses dikarenakan momentum yang dipilih.

Pemanfaatan momentum ini juga dilakukan untuk bisa menilai kesiapan konsumen dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Dengan begitu, dapat dikatakan jika momentum menjadi penentu dari proses eksekusi nantinya.

Karena itu, penting bagi Anda mengetahui momentum yang tepat untuk menjalankan bisnis startup. Untuk itu, amati terlebih dulu tentang minat konsumen pasaran terhadap produk yang Anda tawarkan. Cari momentum yang pas untuk membuka bisnis tersebut sehingga nantinya bisnis dapat berjalan dengan lancar dan mencapai kesuksesan seperti yang diharapkan.

Kerja Keras dan Niat Kuat

Tidak ada bisnis yang tidak akan berjalan dengan sukses jika dipenuhi dengan kerja keras dan niat yang kuat. Karena itu, penting bagi Anda untuk membekali diri dengan niat yang kuat dan mengeksekusinya dengan penuh kerja keras.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini