nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar 10 Orang Terkaya di Malaysia

ant, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 13:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 08 320 1869637 daftar-10-orang-terkaya-di-malaysia-RRKtcHwarI.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Forbes Asia merilis daftar Orang Paling Kaya Forbes Malaysia 2018 atau the 2018 Forbes Malaysia Rich List. Juaranya adalah Robert Kuok dengan kekayaan bersih mencapai USD14,8 miliar atau setara Rp202,7 triliun (kurs Rp13.700 per USD).

Robert Kuok juga merupakan pencetak kekayaan terbesar tahun ini, karena dirinya berhasil menambahkan kekayaan sebesar USD3,4 miliar, naik dari USD11,4 miliar pada tahun lalu.

Sementara itu, Quek Leng Chan menempati peringkat dua dengan kekayaan senilai USD7,2 miliar. Ananda Krishnan menempati peringkat 3 dengan kekayaan senilai USD7,1 miliar. Tiga posisi teratas dalam daftar ini tampaknya tidak berubah.

 Baca juga: 10 Miliarder Arab Saudi yang Didepak dari Daftar Orang Terkaya Dunia

Chen Lip Keong menempati peringkat 7 dengan kekayaan senilai USD3,3 miliar. Dia merupakan Chief Executive dan pemegang saham mayoritas NagaCorp. Kekayaannya meningkat sebesar USD1,7 miliar di tengah naiknya jumlah wisatawan ke Kamboja, gaji tenaga kerja yang rendah dan efisiensi terhadap pengeluaran. Miliarder gamer ini juga tampil di sampul edisi terbaru Forbes Asia.

Dua bersaudara Koon Poh Keong dan Poh Ming menempati peringkat 8 dengan kekayaan senilai USD3 miliar. Mereka mencatatkan kenaikan kekayaan terbesar secara persentase, di mana kekayaannya naik 186% dari sebelumnya USD1,05 miliar pada tahun lalu.

Penurunan produksi aluminium di China akibat alasan lingkungan telah mendorong permintaan untuk aluminium yang diproduksi oleh perusahaan mereka, Press Metal. Poh Keong mengemukakan ide untuk perusahaan tersebut dan memiliki 80% kekayaan senilai USD3 miliar.

 Baca juga: Robert Kuok Jadi Orang Terkaya di Malaysia, Miliki Rp202 Triliun

Dua miliarder baru lainnya adalah konglomerat Sunway Jeffrey Cheah, menempati peringkat 13 dengan kekayaan senilai USD1,3 miliar dan pengusaha sarung tangan karet Lim Wee Chai menempati peringkat 14 dengan kekayaan senilai USD1,2 miliar.

Kekayaan Cheah naik USD330 juta dari sebelumnya USD970 juta tahun lalu, sementara kekayaan Lim meningkat sebesar USD560 juta dari USD640 juta pada tahun sebelumnya.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Malaysia adalah:

1. Robert Kuok memiliki kekayaan USD14,8 miliar

2. Quek Leng Chan memiliki kekayaan USD7,2 miliar

3. Ananda Krishnan memiliki kekayaan USD7,1 miliar

4. Teh Hong Piow memiliki kekayaan USD6 miliar

5. Lee Shin Cheng memiliki kekayaan USD5,6 miliar

6. Lim Kok Thay memiliki kekayaan USD4,7 miliar

7. Chen Lip Keong memiliki kekayaan USD3,3 miliar

8. Koon Poh Keong & Poh Ming memiliki kekayaan USD3 miliar

9. Lau Cho Kun memiliki kekayaan USD2,6 miliar

10. Kuan Kam Hon memiliki kekayaan USD2,5 miliar

Daftar ini disusun dengan menggunakan informasi dari individu, bursa saham, analis, basis data pribadi, instansi pemerintah seperti Komisi Perusahaan Malaysia, dan sumber lain didasarkan pada harga saham dan nilai tukar pada saat penutupan pasar pada 9 Februari.

Perusahaan swasta dinilai dengan menggunakan rasio keuangan dan perbandingan lainnyadengan perusahaan sejenis yang diperdagangkan.

Perkiraan tersebut mencakup kekayaan pasangan dan di mana Orang adalah pendiri perusahaan, mereka juga termasuk kekayaan putra dan putri yang diturunkan dari perusahaan itu Dalam kasus di mana kekayaan anggota keluarga didasarkan pada hal yang sama perusahaan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini