nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dapat Penghargaan dari Sri Mulyani, Pengusaha Jadi Semangat Bayar Pajak

ant, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 18:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 20 1872196 dapat-penghargaan-dari-sri-mulyani-pengusaha-jadi-semangat-bayar-pajak-ydeKCx4b7w.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Para pengusaha menyambut positif apresiasi dan penghargaan oleh pemerintah dan menyebut hal itu akan menghasilkan para Wajib Pajak semakin bersemangat dalam membayar pajak.

Hal tersebut disampaikan oleh pengusaha Sofjan Wanandi usai menerima penghargaan dalam acara apresiasi kepada para Wajib Pajak Besar yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

"Ini apresiasi yang menurut saya perlu dilakukan juga, supaya orang lebih semangat juga membayar pajak baik pribadi maupun badan. Kalau perlu, ada persaingan juga antara kita," ujar Sofjan.

 Baca Juga: Sri Mulyani Berikan Penghargaan Wajib Pajak yang Berkontribusi Besar

Menurut Sofjan, memang dibutuhkan keterbukaan antara aparat pajak dan Wajib Pajak, khususnya para pengusaha, sehingga akan timbul kepercayaan (trust).

Konflik-konflik yang sebelumnya sering timbul juga diyakini akan berkurang apabila komunikasi antara pengusaha dan pejabat dan petugas pajak berjalan baik.

"Memang kita perlu komunikasi yang lebih baik. Kita perlu sebelum ada sosialisasi peraturan baru, kalau bisa pengusaha juga diajak bicara. Jangan sampai ada missunderstanding, disalahmengertikan dalam kenyataan," kata Sofjan.

Sementara itu, pemilik dari Emtek Group Eddy Kusnadi Sariaatmadja yang juga menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak juga menyebutkan kini semangat membayar pajak tumbuh kembali seiring dengan perbaikan dan kemudahan pelayanan yang diberikan oleh Ditjen Pajak.

"Sikap melayani aparat Kanwil Pajak yang buat Wajib Pajak jadi lebih responsif dan taat pajak. Pemerintah berhasil membuat pengusaha membayar pajak bukan sebagai kewajiban, tapi sebagai nasionalisme bangsa," ujar Eddy.

 Baca Juga: Realisasi Penerimaan Pajak Rp153,4 Triliun, Sri Mulyani: Ini Rekor Baru

Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir juga menyatakan bangga perusahaan yang dipimpinnya diapresiasi oleh Ditjen Pajak dalam bentuk reward dan menyebut hal tersebut akan berdampak positif dan membangkitkan gairah untuk taat pajak.

"Sekarang pajak itu bukan hanya jadi kewajiban, kita bangga juga diapresiasi sama Ditjen Pajak dan pemerintah. Kontribusi kita bisa dinilai, bisa dapat reward dan insentif, itu saja yang kita harapkan," ujar Garibaldi.

Acara apresiasi dan penghargaan terhadap Wajib Pajak Besar sendiri disebut sangat penting mengingat para wajib pajak yang terdaftar di KPP di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar adalah wajib pajak yang berskala besar sehingga permasalahan yang dihadapi juga seringkali sangat kompleks.

Dengan penghargaan tersebut diharapkan para wajib pajak dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan hak dan kewajibannya serta berkontribusi dengan lebih baik di 2018 ini dan menjadi penyemangat bagi para wajib pajak lain untuk bisa mendapatkan penghargaan yang sama nanti di 2019.

Jumlah wajib pajak yang mendapatkan penghargaan berjumlah 31 wajib pajak lima wajib pajak KPP Wajib Pajak Besar Dua, enam wajib pajak dari masing-masing KPP Wajib Pajak Besar Satu dan KPP Wajib Pajak Besar Tiga dan 14 wajib pajak dari KPP Wajib Pajak Besar Empat yang mendapatkan penghargaan atas kontribusinya dalam pencapaian target penerimaan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar di tahun 2017.

Selain kontribusi yang besar, penghargaan juga diberikan dengan pertimbangan bahwa para wajib pajak tersebut patuh terhadap peraturan perpajakan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini