BSN Incar Penetapan 500 SNI Baru Tahun Ini

ant, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 17:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 320 1872748 bsn-incar-penetapan-500-sni-baru-tahun-ini-1WcZIqHCWu.jpg Logo SNI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus melakukan terobosan untuk meningkatkan minat masyarakat, khususnya pelaku usaha untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Tahun ini, BSN menargetkan menetapkan sebanyak 500 SNI baru.

“Dalam rangka memperkuat infrastruktur di bidang standarisasi, pada tahun ini BSN memiliki target penetapan 500 SNI. Saat ini BSN telah menetapkan 9.087 SNI,” kata Kepala Badan Standardisasi. Nasional Bambang Prasetya di Jakarta.

Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI), untuk yang ke-14 kalinya sejak tahun 2005, BSN akan beri penghargaan SNI Award bagi perusahaan atau organisasi yang berkinerja baik dan konsisten dalam menerapkan SNI. SNI Award merupakan penghargaan tertinggi di bidang standardisasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional.

Pelaksanaan SNI Award dilakukan melalui serangkaian kegiatan penilaian yang sangat ketat sesuai kriteria oleh para Evaluator yang kompeten yang selanjutnya hasil penilaian dikaji oleh para dewan juri yang beranggotakan para stakehoder di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Hidup.

Baca juga:

Pedagang Tak Masalah dengan Aturan SNI Mainan Impor

Impor Mainan Bebas SNI Diizinkan dengan Jumlah Terbatas

Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Zakiyah menuturkan, sejak menjadi peserta SNI Award, peserta berkesempatan untuk mendapatkan umpan balik hasil penilaian SNI Award yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi. “Bahkan, penerima penghargaan kategori organisasi kecil barang dan jasa berkesempatan mendapat pelatihan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian secara gratis serta berkesempatan untuk diikutsertakan pada forum promosi internasional,” ujar Zakiyah.

Pelaksaaan SNI Award dari tahun ke tahun selalu melakukan perbaikan berkelanjutan, salah satunya melakukan benchmark dengan penyelenggaraan Award sejenis sebagai pembanding hal-hal positif yang dapat digunakan dalam kegiatan penyelenggaraan, sistem penilaian maupun penganugerahan. SNI Award tahun ini berbeda dengan tahun kemarin dimana SNI Award tahun ini juga diberikan kepada organisasi pendidikan.

Peserta SNI Award nantinya diminta mendeskripsikan seluruh aktivitasnya terkait dengan kriteria SNI Award yang ditetapkan. Penerima SNI Award akan mendapatkan Sertifikat SNI Award dan Trophy SNI Award peringkat Platinum, Emas, Perak dan Perunggu. Bagi penerima penghargaan SNI Award yang 3 tahun berturut-turut mampu mempertahankan peringkat platinum diberikan Penghargaan Khusus.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini