nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Riset Air Aqua Mengandung Partikel Plastik, Danone Waters: Metodologi Pengujian Masih Belum Jelas

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 20:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 15 320 1873464 hasil-riset-air-aqua-mengandung-partikel-plastik-danone-waters-metodologi-pengujian-masih-belum-jelas-23uf79CSz2.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Botol air kemasan dari perusahaan ternama dunia terkontaminasi partikel plastik berukuran mikro yang diduga merembes ketika proses pengemasan. Salah satunya dari Indonesia.

Hal tersebut merupakan hasil penelitian yang dirilis Orb Media, lembaga non-profit yang berbasis di Amerika Serikat. Penelitian yang membuktikan "kontaminasi dalam skala luas" tersebut dilakukan di sembilan negara, yakni Indonesia, Brazil, China, India, Kenya, Libanon, Mexico, Thailand dan Amerika Serikat.

Baca juga: Air Aqua dan Nestle Mengandung Partikel Plastik

Menanggapi studi yang dikirimkan oleh Media Orb, air minum Aqua yang merupakan produk dari Danone Water langsung memberikan pernyataan tertulisnya.

"Danone Waters tidak dalam posisi untuk berkomentar karena beberapa aspek dari metodologi pengujian yang digunakan masih belum jelas dan tidak ada bukti perbedaan statistik signifikan yang bisa digunakan sebagai pembanding terhadap angka acuan (nol)," ujar keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Secara umum, data mengenai topik ini masih sangatlah terbatas dan kesimpulan yang diambil berbeda secara dramatis dari satu penelitian ke penelitian lainnya. Sebagai contoh, penelitian yang baru diterbitkan dalam jurnal Water Research bulan Februari 2018 menyimpulkan bahwa tidak ada jumlah mikroplastik yang relevan secara statistik yang dapat ditemukan di dalam air yang dikemas menggunakan botol plastik tunggal.

"Sumber air yang digunakan Danone Waters terlindungi secara alami dan geologis dan terjaga dari aktivitas yang dilakukan oleh manusia," ujarnya.

Menjaga kemurnian sumber air dan kandungan mineral alaminya memerlukan kualitas kemasan yang tinggi dan kami melakukan pengujian kualifikasi sebelum kemasan tersebut digunakan. Seluruh kemasan yang kami gunakan berjenis food grade (aman digunakan sebagai kemasan pangan) dan unsur dalam kemasan tersebut tidak bermigrasi ke dalam air.

"Proses pembotolan produk kami telah mengikuti standard tertinggi dalam kebersihan, kualitas dan keamanan pangan," kutip keterangan tersebut.

Danone Waters tetap berkomitmen untuk mengurangi dampak kemasan melalui pendekatan sirkular terhadap penggunaan plastik. Hal ini untuk menjaga plastik tetap dalam lingkup ekonomi serta mengurangi dampaknya terhadap alam.

Seperti diketahui, mikroplastik merupakan isu yang perkembangannya tidak hanya menjadi perhatian Danone Waters namun juga seluruh industri air minum dalam kemasan dan komunitas ilmiah serta menjadi isu yang diikuti secara seksama. Saat ini, tidak ada kerangka aturan atau konsensus ilmiah mengenai metodologi pengujian yang dianggap layak ataupun dampak potensial dari partikel mikroplastik yang bisa ditemukan di lingkungan kegiatan pembotolan di mana pun.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini